Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Website

6 min read

Pengertian website adalah

Semakin pesatnya perkembangan teknologi internet di Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website. Website adalah apa yang kamu kunjungi di internet.

Misalnya seperti Google, Facebook, Kompas, Liputan6, Tokopedia, hingga Digital Site.

Pada saat kamu membuka berbagai layanan tersebut di perangkat desktop atau mobile, itulah yang disebut dengan website.

Untuk memahami lebih banyak tentang website, Yuk simak pembahasan-nya di dalam artikel ini

Pengertian Website

Apa itu website? Website adalah suatu kumpulan informasi atau kumpulan page yang saling terhubung, dimana informasi yang ada didalamnya berbentuk teks, suara, gambar, video, dan lain sebagainya yang disimpan pada sebuah server hosting.

Untuk dapat membuka sebuah website, pengguna dapat menggunakan sebuah perangkat (komputer, smartphone) yang terhubung dengan internet.

Halaman website pada umumnya berbentuk sebuah dokumen dalam format HTML (Hyper Text Markup Language).

Halaman tersebut dapat diakses melalui HTTP atau HTTPS, yaitu suatu protocol yang dapat menyampaikan berbagai macam informasi yang berasal dari server website untuk dapat ditampilkan kepada para pengguna dengan melalui web browser.

Sebuah website tentunya mempunyai suatu alamat URL (Uniform Resource Locator) yang unik dan juga spesifik.

Alamat URL ini biasa disebut dengan domain. Domain ini seperti Ayodigitalsite.com, Google.com, Detik.com, dan lain sebagainya.

 

Pengertian Website Menurut Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat dari para ahli tentang website.

Hakim Lukmanul

“Website adalah suatu fasilitas internet yang dapat menghubungkan berbagai dokumen dalam suatu lingkup local atau pun jarak jauh.

Dokumen yang terdapat pada website disebut juga dengan web page, sementara link yang ada dalam website dapat memungkinkan para pengguna untuk berpindah dari satu page ke page lainnya.

Perpindahan page tersebut bisa diantara page yang disimpan dalam sebuah server yang sama atau pun server yang ada di seluruh dunia.”

Gregorius

“Website adalah suatu kumpulan dari halaman web yang saling terhubung satu dengan yang lainnya dan file-filenya juga mempunyai keterkaitan satu sama lainnya.

Web ini terdiri dari beberapa page atau halaman, dan kumpulan dari beberapa page ini disebut dengan homepage.

Homepage ini berada di posisi paling atas, dengan berbagai halaman yang terkait berada di bawahnya.

Biasanya pada setiap halaman yang ada di bawah homepage disebut dengan child page, yang berisikan hyperlink ke page lain yang ada dalam suatu web.”

Yuhefizar

“Website adalah adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk menampilkan berbagai macam informasi yang ada di internet, baik berupa teks, gambar, suara atau video yang interaktif.

yang mempunyai kelebihan untuk dapat menghubungkan link suatu dokumen dengan dokumen lainnya yang ada di dalam sebuah website dan dapat diakses dengan browser.”

Hidayat

“Website adalah keseluruhan dari berbagai halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang berisikan berbagai informasi.

Sebuah website pada umumnya dibangun atas banyak halaman web yang saling berkaitan atau terhubung.”

Sibero

“Website adalah sebuah sistem yang saling berkaitan dengan berbagai jenis dokumen yang digunakan sebagai media yang dapat menampilkan teks, gambar, multimedia, dan lain sebagainya di jaringan internet.”

Abdullah

“Website adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari berbagai laman yang berisikan informasi dalam bentuk data digital seperti text, gambar, audio, video dan animasi lainnya yang disediakan melalui jaringan internet.”

 

Sejarah Website

Nah, perlu diketahui orang yang paling berjasa dibalik website ini adalah Sir Tim Berners-Lee.

Dia adalah seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Inggris. Berners ini dilahirkan di London, dan orang tuanya juga seorang ilmuwan komputer pada era-era awal komputasi.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Oxford, Berners Lee akhirnya menjadi seorang insinyur software di CERN. CERN merupakan sebuah laboratorium fisika yang berada di dekat Jnewa, Swiss.

Pada akhirnya, para ilmuwan hebat yang berasal dari seluruh dunia datang ke laboratorium CERN.

Para ilmuwan datang dengan tujuan untuk menggunakan akselerator dari Berners Lee, namun Berners Lee menemukan bahwa para ilmuwan punya masalah tentang bagaimana untuk berbagi informasi satu sama lain.

Pada bulan Oktober 1990, Berners menulis 3 teknologi dasar yang sampai saat ini menjadi dasar dibuatnya web. Ketiga teknologi dasar tersebut yaitu:

  1. HTTP (HyperText Transfer Protocol). HTTP dapat memungkinkan Anda untuk mengambil kembali sumber daya yang terhubung dari semua web.
  2. HTML (Hyper Text Markup Language). HTML merupakan bahasa format yang digunakan oleh web.
  3. URI (Uniform Resource Identifier). Ini sejenis alamat yang unik. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi setiap sumber daya yang terdapat di web.

Berners juga menulis sebuah halaman web editor atau browser pertama (WorldWideWeb.app) serta sebuah server pertama (HTTPD).

Pada akhir tahun 1990an, halaman web yang pertama pada akhirnya disediakan di internet secara terbuka atau public bisa mengaksesnya.

Selanjutnya pada tahun 1991, orang-orang yang berada di luar CERN termasuk orang awam yang juga diundang untuk bergabung dengan komunitas web baru ini.

Untuk lebih detail tentang sejarah website ini, Anda bisa mengunjungi situs resmi World Wide Web Foundation.

Baca Juga: Web Server

 

Jenis – Jenis Website

Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis website yang dapat kita jumpai di internet.

Namun, seluruh website tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Website Statis

Website statis adalah sebuah halaman website yang yang mempunyai tampilan tidak berubah-ubah atau statis.

Apabila pemilik website ingin mengubah tampilan-nya, maka harus dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan mengedit berbagai kode struktur websitenya.

Jenis website statis ini pada umumnya dimiliki oleh setidaknya 5 halaman utama untuk menjelaskan informasi tentang website tersebut.

Selain itu, website statis pada umumnya tidak memungkinkan untuk terjadinya suatu interaksi secara langsung antara pemilik atau pengelola website dengan pengunjung website tersebut.

Contoh website statis:

  • Search Engine (Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya)
  • Website suatu perusahaan

2. Website Dinamis

Website dinamis adalah suatu jenis website yang dirancang secara khusus untuk bisa menampilkan berbagai update konten secara berkala atau sering.

Website dinamis ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya, baik dari segi tampilan atau pun dari segi fitur-nya.

Website jenis ini pada umumnya dirancang dengan menggunakan konsep visual dan dengan kemampuan interaksi yang tinggi.

Beberapa macam fitur yang dapat ditambahkan pada website dinamis seperti fitur live chatting, kolom komentar, formulir pendaftaran, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh dari website dinamis yaitu:

  • Katalog online
  • Blog pribadi
  • Situs portal
  • Situs berita
  • Dan lain sebagainya

3. Website Interaktif

Website interaktif adalah sebuah jenis website yang dapat digunakan dengan tujuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara online.

Pada umumnya jenis ini digunakan oleh komunitas atau pengguna internet aktif.

Beberapa contoh website interaktif yaitu:

  • Blog
  • Situs forum online
  • Situs media sosial
Baca Juga: Domain

 

Fungsi Website

Fungsi dari website yang paling utama adalah untuk penyebaran informasi yang lebih cepat kepada khalayak umum atau masyarakat luas.

Internet dan juga website mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pertukaran informasi, baik secara regional atau lokal atau pun secara internasional.

Berikut beberapa fungsi dari website:

1. Sebagai Sarana Informasi

Website bisa menjadi suatu media yang dapat digunakan untuk menyebarkan berbagai informasi kepada publik.

Ideal-nya, web ini bisa dijadikan sebagai suatu sarana yang dapat mengedukasi tentang berbagai macam topic yang ada.

2. Sebagai Sarana Hiburan

Sebagai sarana hiburan untuk public juga merupakan salah satu dari fungsi website.

Misalnya saja pada saat Kamu mencari majalah online, berita sosial, film dan lain sebagainya.

Terkait dengan navigasi, website yang mempunyai tujuan sebagai sarana hiburan biasanya lebih mengutamakan kemudahan pada web visitor dan estetika visual-nya bisanya optimal.

3. Sarana Jual Beli

Tujuan dari website yang seperti ini yaitu untuk memperoleh customer yang bertransaksi, meningkatkan penjualan dan juga loyalitas dari customer terhadap suatu brand perusahaan.

Di dalam website tersebut tidak hanya berisikan berbagai macam konten informative saja, namun juga dukungan berbagai fitur tertentu semacam payment gateway.

Terdapat banyak sekali elemen yang harus dioptimasi untuk dapat mensukseskan sebuah e-commerce.

Elemen tersebut seperti kemudahan proses transaksi bagi pengunjung, tampilan atraktif, produk yang popular, penawaran menarik, desain web mobile friendly, dan metode pembayaran yang bervariasi.

 

Unsur Website

Berikut ini merupakan beberapa unsur dari website.

1. Nama Domain

Nama domain adalah sebuah nama yang unik untuk website yang dapat mengidentifikasi nama server computer di internet. Contoh domain seperti Google.com, Ayodigitalsite.com, Detik.com, dan lain sebagainya.

Domain ini dapat disewa dari perusahaan pengelola domain internet, pada umumnya nama domain disewakan dengan status sewa tahunan. Beberapa perusahaan penyedia domain diantaranya sebagai berikut:

  • com
  • co.id
  • com
  • co.id
  • com
  • com
  • com
  • com
  • Dan lain sebagainya

2. Web Hosting

Web hosting adalah sebuah tempat atau lokasi yang digunakan sebagai tempat penyimpanan database (teks, suara, gambar, video, dan lain sebagainya) dari sebuah website.

Pada umumnya pemilik website menyewa jasa dari perusahaan layanan internet yang menyediakan berbagai sumber daya server.

Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa web hosting diantaranya:

  • com
  • co.id
  • co.id
  • com
  • Dan lain sebagainya

3. Konten

Konten adalah suatu komponen yang sangat penting yang ada di dalam website, karena konten ini merupakan isi dari sebuah website.

Tanpa adanya sebuah konten, maka tidak ada yang ditawarkan kepada pengunjung.

Konten pada umumnya diciptakan atau dibuat oleh pemilik website, misalnya seperti artikel ini.

Namun ada juga beberapa website yang konten-nya dibuat oleh para pengunjungnya, baik konten yang berbentuk teks, gambar, video dan lain sebagainya.

Beberapa contoh website yang konten-nya dibuat oleh para pengunjungnya atau penggunanya yaitu:

  • Situs Forum (Forum.idws.id, Ads.id, Bersosial.com, dan lain sebagainya)
  • Media Sosial (YouTube.com, Instagram.com, Twitter.com, Facebook.com, dan lain sebagainya)

 

Cara Membuat Website

Pada dasarnya terdapat 3 langkah utama yang harus dilakukan dalam membuat website. Ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah platform atau CMS yang tepat

Terdapat banyak sekali platform atau CMS yang dapat digunakan, seperti Blogspot, WordPress, Joomla, dan Drupal.

Apabila bingung mau memilih platform yang mana, Digital Site menyarankan untuk menggunakan platform terpopuler yang didukung komunitas kuat di dunia yaitu WordPress.

CMS yang satu ini tidak hanya cocok untuk developer tingkat menengah dan lanjutan saja, tapi juga cocok bagi pemula.

Mengapa demikian? Karena platform yang satu ini cukup fleksibel untuk dimodifikasi secara leluasa.

2. Pilihlah nama domain dan hosting terbaik

Nama domain juga penting pada saat hendak membuat website. Buatlah nama yang unik tapi sesuai dengan konten atau isi yang ada di dalam website Anda.

3. Install dan konfigurasi website

Untuk dapat melakukan instalasi, pada umumnya provider hosting yang bagus sudah menyediakan username dan password supaya Anda bisa langsung masuk ke CMS dari website Anda.

Jadi dengan demikian Anda hanya perlu melakukan konfigurasi tambahan sesuai dengan keperluan.

Cobalah untuk mencari referensi plugin yang bagus untuk CMS site Anda dan pilihlah theme yang responsive.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang website. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Avatar for Digital Site
Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Hosting

Avatar for Digital Site Digital Site
4 min read

Domain

Avatar for Digital Site Digital Site
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *