Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Bank Mandiri

3 min read

mandiri internet banking

Pada saat sekarang ini perkembangan teknologi dan juga informasi sudah merambah ke berbagai sektor termasuk sektor perbankan.

Salah satu inovasi yang sudah banyak diaplikasikan oleh perbankan adalah penggunaan internet banking untuk mendorong layanan finansial jarak jauh.

Dengan memanfaat kan internet banking, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan dengan melalui smartphone atau laptop yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Salah satu bank yang menyediakan layanan internet banking adalah Bank Mandiri yang menyediakan Mandiri Online dan juga Mandiri Internet Banking.

Internet banking yang dapat diakses, antara lain internet banking nasabah perorangan dan juga bisnis.

Cara mengaksesnya adalah dengan membuka situs resmi Bank Mandiri (bankmandiri.co.id) melalui smartphone atau laptop yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

 

MANDIRI INTERNET DAN MANDIRI ONLINE

Mandiri internet adalah suatu saluran distribusi bank yang berfungsi untuk mengakses rekening para nasabah dengan melalui jaringan internet yang menggunakan perangkat lunak browser pada computer/laptop.

Bisa dipakai secara realtime dengan melalui akses internet selama 24 jam sehari atau 7 hari dalam  1 minggu.

Untuk bisa mengakses Mandiri Internet sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi Bank Mandiri (https://ib.bankmandiri.co.id). Kemudian, masukanlah User ID dan juga PIN Anda.

Sedangkan Mandiri Online adalah suatu layanan internet banking yang disediakan oleh Bank Mandiri yang tersedia dalam versi aplikasi mobile.

Ada beberapa fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, yaitu diantaranya sebagai berikut.

  1. Control secara penuh finansial.
  2. Transaksi finansial seperti top up, transfer, beli pulsa, pembayaran tagihan kartu kredit, biller, dan lain sebagainya.
  3. Top up misalnya seperti isi ulang Mandiri e-Cash, Go-Pay, e-Money, M-Tix dan uang elektronik yang lainnya.
  4. Transfer uang antar bank.
  5. Histori dalam setiap transaksi lengkap dari cek saldo, cek mutasi rekening, sampai histori transaksi tabungan dan kartu kredit.
  6. Buka tabungan dan deposito.
  7. Akses dalam aplikasi dan web yang sudah terintegrasi.
  8. Sistem keamanan yang berlapis-lapis.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

Kelebihan Mandiri Internet Banking

Sudah tidak dirgukan lagi, pada saat ini penggunaan dari aplikasi perbankan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, karena kemudahan dalam mengaksesnya dan kepraktisan yang ditawarkan.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang ditawarkan dalam menggunakan mandiri internet banking yang perlu Anda ketahui.

  1. Aman digunakan, karena seluruh transaksi yang terjadi akan dilindungi oleh multi layered security system dan token.
  2. Seluruh transaksi yang terjadi dengan menggunakan platform tersebut tidak dikenakan biaya apapun. Kecuali biaya perbankan yang ada pada umumnya misalnya seperti biaya transfer antar bank.
  3. Penggunaannya cukup praktis, dimana dapat mengakses berbagai layanan keuangan selama 24 jam X 7 hari atau kapanpun Anda mau.
  4. Dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun selagi terhubung dengan jaringan internet.
  5. Tidak hanya bisa digunakan untuk cek saldo saja. Namun Anda juga bisa melakukan transaksi lain, seperti transfer antar bank atau antar rekening, bayar telpon rumah, bayarr listrik, dan lain sebagainya.
  6. Hanya terdapat satu user ID, Anda bisa mengakses berbagai produk milik Anda yang ada di Bank Mandiri. Misalnya seperti, depositi, kartu kredit, tabungan giro, sampai dengan rekening pinjaman.
  7. Cukup hanya dengan memakai konfigurasi minimum di browser standar, Anda sudah bisa menggunakan layanan perbankan jarak jauh.

Biaya Layanan Mandiri Internet dan Token Bank Mandiri

Pada umumnya seluruh transaksi yang memakai internet banking adalah gratis, kecuali untuk pembelian token harus membeli di awal mendaftar.

Perlu Anda ketahui harga token mandiri internet banking ini seharga Rp.20.000 saja dan hanya dibayarkan sekali saja.

Sedangkan untuk biaya penggantian suatu token yang hilang adakan dikenakan biaya sebesar Rp.100.000.

Token adalah suatu alat yang berfungsi untuk menambahkan lapisan pengamanan.

Artinya, Anda harus memakai token untuk login dan juga mengakses layanan mandiri internet banking.

Token yang mempunyai bentuk seperti kalkulator ini mempunyai fungsi untuk membuat one time password atau PIN dinamis setiap kali ingin melakukan suatu transaksi keuangan.

Sementara untuk login ke mandiri internet banking dapat tanpa melakukan suatu transaksi keuangan.

Misalnya seperti hanya mengecek saldo dan mutasi rekening yang tidak perlu memakai token.

Baca Juga: Riba Adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh, Dampak, Sumber Hukum

 

CARA DAFTAR MANDIRI INTERNET BANKING

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari mandiri internet banking, kemudian adalah mendaftarkan rekening menjadi mandiri internet banking.

Caranya cukup mudah, bisa dengan melalui ATM Bank Mandiri terdekat, ataupun datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Syarat Pendaftaran Mandiri Internet Banking

  1. Nasabah mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking yang dapat diperoleh di cabang atau di situs Internet Bank Mandiri (bankmandiri.co.id).
  2. Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  3. Setiap perorangan pemegang rekening gabungan masing-masing harus mengisi Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking dan memperoleh User ID dan PIN yang berbeda.
  4. Nasabah harus memiliki alamat E-mail.
  5. Nasabah Pengguna telah memperoleh Access ID dan Access Code dari Bank untuk keperluan aktivasi di situs Mandiri Internet.
  6. Telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Mandiri internet.

Sumber: www.bankmandiri.co.id

Langkah 1 – Dapatkan ID Akses

Melalui ATM Mandiri

  1. Pilihlah menu registrasi e-banking, selanjutnya ikutilah instruksi yang ada di layar ATM Bank Mandiri untuk mendapatkan Access Code.
  2. Buatlah ID akses dengan memakai 16 digit yang sudah tersedia di kartu debit Bank Mandiri Anda.
  3. Kemudian daftarkanlah kode akses di ATM Bank Mandiri. Selanjutnya segeralah ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk memperoleh token, yaitu dengan cara mengisi formulir apliaksi token dan ikutilah semua instruksi yang sudah tercantum dalam manual penggunaan token.

Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri

  1. Isikanlah formulir registrasi e-banking yang sudah tersedia di kantor cabang terdekat.
  2. Kemudian setelah memperoleh email dari pihak bank berupa ID akses, ambilah token di kantor Bank Mandiri yang dipilih.

Langkah 2 – Aktifkan Token

  1. Aktifkanlah Mandiri internet dan token ke (www.bankmandiri.co.id).
  2. Masukanlah ID akses dank ode akses yang telah diterima dari pihak Bank Mandiri setelah pendaftaran melalui ATM atau kantor cabang.
  3. Buatlah ID pengguna internet banking Mandiri dan PIN, supaya dapat login.

Nah itu merupakan cara mendaftar internet banking Bank Mandiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *