Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Manajemen Adalah: Definisi, Unsur, Prinsip, Jenis, Fungsi

5 min read

manajemen

PENGERTIAN MANAJEMEN SECARA UMUM

Apa itu manajemen (management)? Pengertian manajemen, manajemen adalah suatu proses untuk dapat mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau suatu organisasi untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Secara etimologi kata manajemen ini diambil dari bahasa Prancis kuno, yaitu management, yang mempunyai arti seni dalam mengatur dan melaksanakan. Management ini juga dapat didefenisikan sebagai suatu upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan juga pengontrolan terhadap sumber daya untuk mencapai semua sasaran yang sudah ditetapkan secara efisien dan efektif.

Efisien dalam hal ini berarti bisa mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan efisien berarti bisa melaksanakan pekerjaan secara benar dan juga terorganisir.

Menurut T.Hani Handoko, terdapat 3 alasan mengapa manajemen ini diperlukan:

  1. Diperlukan supaya tujuan pribadi dan juga organisasi bisa tercapai
  2. Dibutuhkan untuk bisa meraih efisiesi dan efektifitas suatu kerja organisasi
  3. Dibutuhkan untuk dapat menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan juga berbagai macam kegiatan, yang saling bertentangan dari pihak yang mempunyai kepentingan dalam suatu organisasi.

PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI

Mulayu Hasibuan

Mulayu Hasibuan mendefinisikan management sebagai ilmu dan seni untuk mengatur proses penggunaan SDM dan atau sumber daya lain dengan efektif dan juga efisien untuk dapan mencapai suatu tujuan.

Henry Fayol

Henry Fayol mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/control terhadap berbagai sumber daya yang ada supaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

George R Terry

Menurut George R Terry, manajemen adalah suatu proses yang khas terdiri dari beberapa tindakan seperti: perencanaan, pengorganisasian, menggerakan, dan juga pengawasan.

Semua tindakan tersebut dilakukan untuk dapat menentukan dan juga mencapai target yang ingin diraih dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.

Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan dengan melalui orang lain. Contohnya, seorang manajer yang mempunyai tugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi.

Ricky W Griffin

Ricky W Griffin mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses pengorganisasian, perencanaan, koordinasi dan juga proses control terhadap semua sumber daya, untuk dapat mencapai tujuan dengan efektif dan juga efisien.

Efisien berarti semua tugas dikerjakan dengan benar, terorganisir dan selesai sesuai dengan jadwal. Efektif artinya tujuan bisa dicapai sesuai dengan yang sudah direncanakan.

PRINSIP MANAJEMEN

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah prinsip – prinsipnya. Nah, berikut merupakan prinsip manajemen yang perlu diketahui:

  1. Disiplin
  2. Wewenang dan tanggungjawab
  3. Kesatuan pengarahan
  4. Kesatuan perintah
  5. Penggajian yang adil
  6. Lebih mengutamakan kepentingan umum daripada pribadi
  7. Hirarki
  8. Pemusatan
  9. Keadilan
  10. Tata tertib
  11. Inisiatif
  12. Stabilitas kondisi karyawan
  13. Semangat bersatu
  14. Pembagian kerja

Prinsip – prinsip tersebut harus dimiliki oleh setiap elemen atau orang yang ada di dalam ruang lingkup manajemen tersebut. Tanpa adanya penerapan dari prinsip manajemen dengan efektif dan efisien maka manajemen tidak dapat diterapkan dengan baik.

FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi management adalah sebagai suatu elemen dasar yang harus ada dalam manajemen sebagai acuan bagi manajer atau orang yang mengelola management dalam melaksanakan berbagai tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengoordinasi, dan juga mengendalikan. Mengacu dari pengertian management yang sudah dibahas diawal, terdapat 5 fungsi utama manajemen, yaitu:

  1. Perencanaan/planning

Perencanaan adalah suatu hal yang paling penting dalam sebuah manajemen bisnis. Seorang manajer yang mengelola manajemen dalam suatu perusahaan atau bisnis akan melakukan perencanaan dan pengevaluasian pada setiap tindakan yang sudah dan yang belum ditindak lanjuti dalam bisnis.

Perencanaan ini sangat penting untuk dapat menentukan secara keseluruhan tujuan dari perusahaan dan upaya apa saja untuk memenuhi tujuan tersebut. Manajer ini harus bertindak sebagai seorang yang bisa mencari alternatif dalam mencapai tujuan akhir,  hal ini mencakup rencana jangka panjang, menengan dan juga jangka panjang.

Tanpa adanya perencanaan yang tepat dalam bisnis maka tentunya akan membuat bisnis yang dijalankan tidak sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan semacam ini dapat mengakibatkan pada ketidakteraturan sampai dengan kebangkrutan.

  1. Pengorganisasian/organizing

Fungsi manajemen yang selanjutnya adalah sebagai pengorganisasian yaitu dengan membagi suatu kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Hal ini mempunyai tujuan untuk mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan yang lebih efektif dan juga untuk menentukan suber daya yang diperlukan untuk setiap kegiatan yang sudah dibagi menjadi lebih efisien.

Pengorganisasian ini secara lebih sederhananya bisa dilaksanakan dengan menentukan apa tugas yang akan dikerjakan, siapa yang akan mengerjakan dan bagaimana pengerjaannya. Hal ini mempunyai tujuan untuk dapat mencapai tujuan bisnis melalui proses yang lebih terstruktur atau terorganisasi.

  1. Penempatan/staffing

Hampir sama dengan pengorganisasian, tapi penggunaannya lebih luas. Jika pengorganisasian lebih memperhatikan manajemen sumber daya manusia, maka penempatan lebih memperhatikan sumber daya secara umum. Beberapa sumber daya tersebut yaitu: perlengkapan, peralatan dan juga inventaris yang terdapat pada sebuah organisasi.

  1. Pengarahan/directing

Fungsi manajemen yang ke-4 adalah suatu tindakan yang mengupayakan supaya setiap anggota bisnis atau kelompok mampu meraih target sesuai dengan prosedur manajerial yang sudah direncanakan. Seorang manajer tentunya akan melakukan suatu pengarahan apabila terjadi suatu masalah atau apabila yang dikerjakan tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Karena tidak semua hal yang sudah direncanakan dapat diwujudkan secara nyata, mengingat banyak kejadian yang tidak terduga yang mungkin akan terjadi. Sehingga disinilah fungsi dari manajemen sebagai pengarah supaya apa yang dikerjakan masih berada pada jalur yang semestinya.

  1. Pengawasan/controlling

Dari semua rangkaian rencana dan juga tindakan yang sudah dilaksanakan, perlu adanya suatu pengawasan atau controlling. Fungsi dari manajemen dalam hal ini adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja dari berbagai sumber daya yang ada di perusahaan.

Manajer akan melakukan suatu pengawasan terhadap berbagai sumber daya yang sudah diorganisasi sebelumnya dan akan memastikan apa yang sudah dikerjakan sesuai dengan yang direncanakan. Adanya suatu penyimpangan atau kesalahan dalam melaksanakan tugas dapat dikoreksi untuk menjadi bahan pembelajaran pada perencanaan tahap selanjutnya.

Setiap sumber daya tentunya mempunyai klasifikasi yang berbeda – beda, nah klasifikasi dari setiap sumber daya ini sangat penting untuk menjadi bahan klasifikasi supaya tidak menimbulkan dominasi dari manajer saja. Suatu bisnis/organisasi yang baik yaitu bisnis/organisasi yang setiap anggotanya mampu bekerjasama secara tim dan juga dapat berjalan secara stimultan. Beberapa hal penting yang harus terpenuhi untuk bisa melakukan pengawasan, yaitu:

  • Jalur/routing, yaitu manajer harus menetapkan suatu jalur untuk dapat memperkecil resiko dari kesalahan yang terjadi. Atau dengan kata lain manajer harus memastika jalur dari setiap orang berada pada jalur yang sudah ditentukan dengan resiko kesalahan minimum.
  • Penetapan waktu/scheduling, yaitu manajer harus memberikan jadwal terhadap deadline pekerjaan yang harus segera diselesaikan, dan manajer juga harus mempunyai waktu rutin untuk melakukan suatu pengawasan, seperti satu minggu sekali atau satu bulan sekali.
  • Perintah pelaksanaan/dispatching, yaitu manajer harus mempunyai sikap untuk memberikan printah dan dorongan supaya setiap sumber daya dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  • Tindak lanjut/follow up, manajer harus aktif melakukan evaluasi dan juga memberikan suatu solusi dari semua permasalahan yang terjadi selama proses meraih tujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

UNSUR MANAJEMEN

Dalam membentuk suatu sistem manajerial yang baik diperlukan unsur – unsur manajemen yang ada di dalamnya. Seluruh unsur manajemen yang ada ini saling melengkapi satu dengan yang lainnya, dan apabila sala satu unsur tersebut tidak ada maka akan berdampak pada hasil keseluruhan dari pencapaian suatu organisasi/bisnis. Berikut merupakan unsur – unsur manajemen tersebut:

  1. Sumber Daya Manusia/human

Faktor yang paling menentukan dan juga paling penting dalam unsur manajemen adalah manusia. Dalam praktiknya, manusia lah yang membuat rencana, tujuan, dan melakukan semua proses yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Dengan kata lain, proses kerja tidak akan terjadi/berjalan apabila tidak terdapat unsur manusia di dalamnya.

  1. Uang/money

Uang adalah unsur manajemen yang mempunyai pengaruh besar, karena hasil dari semua kegiatan yang dilakukan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang yang bisa menjadi alat dalam menjalankan semua proses untuk pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional. Untuk itulah, perusahaan atau organisasi harus bisa mengelola keuangan dengan baik, hal ini bertujuan supaya pemasukan dan pengeluaran stabil.

  1. Bahan/materials

Unsur bahan ini terdiri dari bahan setengah jadi (raw materials) dan bahan jadi. Unsur bahan adalah faktor yang penting dalam dunia usaha, karena hasil baik akan diperoleh jika material yang digunakan baik pula.

  1. Mesin/machines

Unsur mesin ini sangat diperlukan bagi manusia untuk melakukan berbagai macam pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan juga cepat. Penggunaan dari mesin akan dapat meningkatkan hasil dan juga keuntungan serta bisa membut proses kerja yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Metode/methods

Proses pelaksanaan kerja hanya bisa dijalankan secara efektif dan juga efisien jika dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat. Suatu metode kerja yang baik harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti: waktu, uang, sasaran, fasilitas dan juga kegiatan bisnis.

Selain itu, metode tersebut juga harus dipahami oleh manusia yang menjalankannya. Dengan kata lain, suatu metode hanya dapat dijalankan dengan baik jika manusia yang terlibat didalamnya memahami metode tersebut.

  1. Pasar/market

Proses pemasaran produk adalah unsur manajemen penentu bagi suatu perusahaan. Apabila tidak ada sistem pemasaran maka barang tidak akan laku.

Suatu bisnis dapat menguasai pasar jika menawarkan produk yang mempunyai kualitas baik dan sesuai dengan minat dan daya beli calon pelanggan. Itulah kenapa proses pemasaran sangat berkaitan dengan kualitas barang yang dipasarkan.

JENIS – JENIS MANAJEMEN

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Risk Management
  3. Manajemen Rantai Pasokan
  4. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  5. Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  6. Management Strategy
  7. Marketing Management
  8. Production Management
  9. Financial Management
  10. Time Management
  11. Manajemen Organisasi
  12. Communication Management
  13. Education Management
  14. Manajemen Konstruksi
  15. Manajemen Agribisnis
  16. Manajemen Stres
  17. Office Administration Management
  18. Cost Management
  19. Organizational Management
  20. Manajemen Personalia dan Administrasi
  21. Company Management
  22. Self Management
  23. Dan lain sebagainya

Ilmu manajemen ini sangatlah luas dan contoh manajemen dalam kehidupan sehari – hari sangatlah banyak sekali. Dan pada dasarnya kehidupan manusia tidak terlepas dari ilmu manajemen, mulai dari hal kecil sampai dengan hal yang besar.

Nah, semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat. Terimakasih. Salam Digital !!

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *