Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Internet Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak

6 min read

internet adalah

Pada zaman sekarang siapa yang tidak pernah mendengar istilah internet (interconnection-networking)? Hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Pengertian internet itu sendiri mungkin juga sudah dapat Anda rumuskan sendiri secara sekilas.

Bahkan pada saat ini, hampir semua aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari sudah menggunakan internet. Sudah bukan trik dan rahasia lagi untuk mencari berbagai solusi dan jawaban di internet. Ketika Anda mencari berbagai resep makanan, mencari berbagai berita terbaru, bahkan memesan suatu barang tertentu, dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan teknologi ini.

Tidak jarang pula, teknologi canggih yang satu ini dapat memisahkan kita dari orang-orang sekitar kita. Misalnya saja yang terjadi di restoran, pelanggan yang makan di restoran akan cenderung menanyakan password WiFi sebelum mereka memesan suatu makanan. Setelah selesai  makan, satu keluarga yang tadinya makan semeja akan disibukan dengan perangkat mobilenya masing-masing untuk mengakses internet.

Apa Itu Internet?

Apa itu internet? Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan satu media elektonik dengan media elektronik yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dapat dipakai secara global yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite atau TCP/IP. TCP/IP ini adalah protokol pertukaran paket atau dalam istilah asingnya disebut sebagai Switching Communication Protocol yang dapat digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di berbagai belahan dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan berbagai rangkaian interconnection-networking beserta penerapan aturannya yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Onno Purbo

Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dapat dipakai untuk mengefesiensikan suatu proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, dan E-mail.

Oetomo

Menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang bisa didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang begitu besar. Dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu dengan yang lainnya..

Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan berbagai jaringan di berbagai belahan dunia yang mempunyai sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda. Dimana hubungan tersebut akan memanfaatkan kemajuan suatu perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit. Perangkat tersebut memakai protokol standar dalam melakukan suatu hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Harjono

Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di berbagai belahan dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu dengan yang lainnya. Supaya komputer dapat saling terkoneksi satu dengan yang lainnya, maka diperlukan media untuk saling dapat menghubungkan antar komputer tersebut. Media yang digunakan itu dapat menggunakan suatu kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

Turban, King, Lee, dan Liang

Menurut Turban, King, Lee, dan Liang (2010:49), intranet adalah suatu jaringan perusahaan/pemerintah yang menggunakan tools yang ada di dalam interconnection-networking, seperti web browser dan internet protocol. Jaringan intranet ini akan digunakan oleh perusahaan sebagai media untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.

Miftakul Amin

Menurut M. Miftakul Amin (2012:181), intranet merupakan local area network (LAN) yang menggunakan suatu standar komunikasi dan segala fasilitas interconnection-networkingt, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal.

O’Brien dan Marakas

Menurut O’Brien dan Marakas (2011:229), intranet adalah suatu jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet (seperti web browser dan server, TCP / IP protokol jaringan, penerbitan dokumen HTML hypermedia dan database, dan lainnya). Hal tersebut untuk menyediakan suatu lingkungan internet dalam perusahaan untuk berbagi macam informasi, komunikasi, kolaborasi, dan dukungan dari suatu proses bisnis.

 

Sejarah Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan yang berasal dari Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis suatu sistem jaringan yang diberi nama ARPANET. ARPANET ini merupakan asal mulanya sebelum terbentuk teknologi yang bernama internet. Pada tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan tertentu saja dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas populer yang ada di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP ini sendiri mulai dipublikasikan kepada publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelah dipublikasikannya internet pada tahun 1980-an, tepatnya di tahun 1984. Kemudian, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset yang terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional yang terdapat pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan melalui NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Akan tetapi memang internet hasil dari pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus sampai sekarang ini. Dahulu, informasi yang bisa dimiliki melalui internet hanya informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990-an, layanan sejenis dengan basis tampilan grafis yang biasa dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Pada tahun 1993, InterNIC pun didirikan supaya dapat melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet sudah masuk ke negara kita, Indonesia.

 

Fungsi dan Manfaat dari Intranet

Mengacu pada pengertian intranet yang sudah disebutkan di atas, fungsi utama dari intranet yaitu untuk menghubungkan suatu komputer yang satu dengan komputer lain atau berbagai perangkat jaringan, seperti; server, switch, printer, acces point.

Adapun beberapa keuntungan dan manfaat dari intranet dalam suatu organisasi adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan produktivitas kerja, dengan tersedianya intranet, setiap orang bisa mendapatkan informasi untuk menunjang peran mereka dalam pekerjaannya, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.
  • Efisiensi biaya dan waktu, dengan produktivitas kerja yang semakin membaik tentunya pemanfaatan waktu akan semakin efektif dan bisa untuk memangkas biaya yang tidak diperlukan.
  • Kemudahan untuk berkomunikasi, intranet dapat membantu suatu proses komunikasi antar divisi dalam suatu organisasi, baik secara horizontal maupun secara vertikal.
  • Operasi dan manajemen, intranet sangat membantu dalam suatu proses operasional dan dapat membantu dalam mengambil suatu keputusan di dalam suatu perusahaan, baik secara internal maupun antar organisasi.
  • Kerangka perubahan dalam budaya kerja, setiap orang yang ada dalam organisasi dapat terhubung dan bekerjasama secara online sehingga dapat memungkinkan untuk munculnya berbagai ide yang berguna sebagai penentu kemajuan suatu organisasi.

 

Apa Saja Dampak dari Penggunaan Internet?

Dampak Positif

  1. Menciptakan banyak peluang usaha baru
  2. Menciptakan banyak lapangan pekerjaan
  3. Mempermudah proses pekerjaan yang dilakukan oleh manusia
  4. Membantu untuk menggerakan roda bisnis dan juga roda perekonomian melalui e-commerce
  5. Mengeratkan hubungan relasi dan juga pertemanan dengan melalui media sosial
  6. Kemudahan memperoleh hiburan untuk pengisi waktu luang
  7. Memudahkan untuk melakukan kegiatan kampanye atau promosi sesuatu yang positif
  8. Dapat membangun self learning seseorang, dengan melihat dan membaca berbagai tutorial yang ada di internet
  9. Dapat membantu pelajar dalam mengerjakan suatu tugas
  10. Memudahkan dam mempercepat suatu arus informasi dan data
  11. Dan lain-lain

Dampak Negatif

  1. Adanya potensi kecanduan terhadap penggunaan internet
  2. Terkikisnya budaya asli lokal karena proses globalisasi melalui internet
  3. Meningkatnya aksi cyber bullying
  4. Maraknya isu-isu SARA yang dapat menyebabkan perpecahan pada masyarakat
  5. Maraknya provokasi antar golongan dan individu
  6. Meningkatnya informasi dan berita hoax (bohong)
  7. Terdapat konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi tumbuh kembang anak di bawah umur
  8. Adanya potensi kejahatan melalui internet atau cyber crime, seperti penipuan
  9. Penggunaan waktu yang kurang produktif

 

Contoh Penyalahgunaan Internet

  • Perj*di*n

Dampak lainnya yang ditimbulkan internet adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang sudah tersedia, para penjudi tidak perlu untuk pergi ke tempat khusus untuk dapat memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs-situs yang seperti ini, karena pada umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari para pengunjung atau user.

  • Violence & Gore

Kekejaman dan kesadisan merupakan dua hal yangbanyak ditampilkan. Karena dari segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pelaku yang mempunyai situs menggunakan segala macam cara supaya dapat menjual situs mereka. Salah satunya adalah dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu seperti kekejaman dan keadisan.

  • Adanya potensi ancaman virus

Ancaman virus adalah jenis kejahatan komputer yang paling banyak dikenali dan dijumpai di internet. Seiring dengan perkembangan internet, berbagai virus pun juga ikut berkembang.

  • Pencurian nomor kartu kredit

Internet dapat menyediakan fasilitas teleshoping yaitu berbelanja melalui internet. Kita bisa melakukan suatu transaksi perdagangan melalui internet dengan pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Karena semakin banyaknya penggunak internet yang melakukan teleshopping tau berbelanja melalui internet atau secara online, maka hal ini menggugah orang-orang yang tidak bertanggungjawab melakukan suatu penyadapan kartu kredit dan disalahgunakan untuk membobol kartu kredit yang dimiliki oleh orang lain.

  • Dapat mengurangi sifat sosial

Internet dapat mengurangi sifat sosial yang dimiliki manusia, karena cenderung lebih menyukai berhubungan melalui internet daripada berhubungan secara langsung. Karena banyak yang beranggapan berhubungan melalui internet dianggap lebih praktis.

  • Adanya potesi kecanduan

Internet bisa membuat seseorang menjadi kecanduan. Terutama dikalangan para pelajar, hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi dalam belajar.

  • P*rn*grafi

Internet sangat identik dengan p*rn*grafi. Dengan adanya kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi yang dimiliki internet, pornografi pun semakin merajalela. Hal-hal semacam ini banyak terjadi di kalangan remaja.

  • Cyber bullying

Cyber bullying adalah pembullyan yang dilakukan di dunia maya, contoknya adalah ketika seseorang melakukan pelecehan terhadap orang lain dengan berulang-ulang melalui media sosial, bahkan pada beberapa kasus korbannya sampai melakukan bunuh diri.

  • Piracy

Piracy adalah suatu kegiatan membajak hak cipta milik orang lain.

  • Cyber gambling

Syber gambling adalah perjudian yang menggunakan media internet sebagai sarananya.

  • Fraud

Fraud adalah kegiatan memanipulasi informasi, khusunya yang berhubungan dengan keuangan yang mempunyai tujuan untuk keuntungan pribadi. Contohnya adalah pada kasus pembobolan harta kas milik bank BRI.

  • Denial of service attack

Denial of service attack (DoS) adalah kejahatan mengutak atik isi suatu situs seperti menghapus data atau mengirimkan data dalam jumlah yang sangat besar dengan tujuan untuk membuat suatu situs menjadi lambat atau tidak dapat diakses. Amazon, eBay dan Yahoo!, dapat dijadikan sebagai contoh untuk kejahatan ini, situs-situs tersebut pernah mengalami down selama beberapa hari karena diserang DoS yang sangat besar yang disebut dengan “ping flood”.

  • Cracking

Cracking adalah kejahatan yang dilakukan adalah dengan meretas keamanan korban dengan tujuan untuk keuntungan pribadi. Pelakunya biasa disebut dengan cracker. Contohnya adalah pencurian database sebayak 50.000 kartu kredit di Rusia yang dilakukan oleh 2 orang.

  • Hacking

Hacking adalah suatu kegiatan menjebol sistem keamanan komputer milik orang lain dengan berbagai tujuan. Kegiatan ini bisa dilakukan apabila pelaku maupun korban berada dalam satu jaringan. Pelaku hacking disebut dengan hacker.

  • Cyber stalking

Cyber stalking adalah kejahatan melecehkan atau mengganggu seseorang dengan memanfaatkan komputer dan internet, seperti teror. Contohnya adalah ketika seseorang mengancam korban dengan menggunakan email secara berulang-ulang.

  • Cyber espionage, xtortion, and sabotage

Cyber espionage adalah kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan suatu kegiatan mata-mata dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak sasaran.

Xtortion dan Sabotage adalah kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan, dan penghancuran pada setiap data, program atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

  • Data forgery atau phishing

Data forgery atau phishing adalah situs palsu tetapi menyerupai aslinya dan memberi nama domain mirip dengan aslinya sehingga membuat orang lain tertipu.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *