Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Trik dan Tips Strategi Marketing Instagram

3 min read

strategi marketing instagram

Trik dan Tips Strategi Marketing Instagram  – Pada saat sekarang ini penggunaan media sosial bukan hanya untuk memposting foto atau video saja. Media sosial juga dapat digunakan untuk melakukan penjualan suatu produk atau jasa bisnis yang kamu miliki. Nah, salah satu media social yang banyak digunakan untuk kegiatan bisnis adalah Instagram.

Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan kenapa Instagram mempunyai berbagai manfaat untuk para pelaku bisnis guna membangun dan juga mengembangkan brand dari suatu bisnis.

Lalu, bagaimana cara untuk memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis kamu? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang tips, trik, dan strategi marketing Instagram. Berikut merupakan ulasannya.

 

STRATEGI JITU KONTEN INSTAGRAM

Waktu Untuk Posting

Ada beberapa waktu tertentu dimana banyak sekali orang yang membuka akun Instagram. Yaitu pada pukul 07.00 pagi, 12.00 siang, dan juga 19.30 malam. Hal ini merupakan waktu yang paling efektif apabila kamu ingin menguploud foto atau video produk/jasa kamu ke Instagram.

Usahakanlah untuk selalu konsisten mengupload foto atau video produk/jasa di waktu-waktu tersebut. Dalam sehari kamu bisa upload foto lebih dari 20, tapi jangan sampai melebihi 100/hari karena hal tersebut sangat berisiko di banned oleh Instagram.

 

Fokus Satu Topik

Niche atau topik adalah bagian yang paling penting. Apabila kamu ingin sukses berjualan di Instagram sangat disarankan untuk fokus pada satu topik.

Misalnya saja kamu menjual produk sepatu.

Buatlah sebuah akun Instagram yang spesifik sesuai dengan topik yang dibahas misalnya @produksepatumurah, atau kamu dapat memberikan nick name Pusat_Sepatu_Murah. Hal tersebut tentunya dapat menggambarkan bisnis kamu.

Nah, kemudian promosikan dan jual hanya produk sepatu di dalam akun tersebut. Semakin kamu fokus semakin cepat kamu untuk sukses.

Apabila fokus pada satu topik market maka folowers kamu atau calon pembeli akan lebih mudah untuk mengenal dan juga mengingat bisnis kamu.

Untuk contoh realnya kamu dapat melihat di akun Instagram @fortuneenstore01 dan @pakeintasaja.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram Terbaru

 

TIPS MEMBANGUN INSTAGRAM BISNIS

Tampilan yang Konsisten

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh WebDam mengenai visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal yang ada di Instagram menggunakan suatu filter yang sama pada setiap kontennya. Dengan menggunakan suatu filter yang sama di seluruh konten kamu, maka akun Instagram bisnis kamu akan mempunyai sebuah gaya yang mudah dikenali oleh para follower atau calon konsumen kamu.

Karena salah satu tujuan kamu dalam menggunakan Instagram adalah untuk memperoleh likes dan juga komentar. Maka dari itu, semakin mudah dikenali setiap konten kamu, semakin besar kemungkinan followers kamu akan menyukai dan memberikan komentar di setiap konten kamu.

Untuk dapat membantu kamu dalam membuat suatu tampilan yang konsisten, kamu dapat menggunakan aplikasi editing seperti Enhance dan juga VSCOcam. Kedua aplikasi tersebut menyediakan fitur filter dan opsi editing yang dapat membantu kamu dalam menemukan gaya yang sesuai dengan brand kamu.

 

Pilih Konten yang Sesuai

Secara visual, kamu harus menentukan konten apa yang akan menjadi fokus dari akun kamu. Tentunya, apabila kamu menjual tas, foto atau video yang akan kamu upload di akun Instagram bisnis kamu adalah foto atau video tas.

Apabila kamu mempunyai restoran, tentunya kamu akan mengupload foto atau video makanan dari restoran kamu. Namun, tentu saja sesekali kamu boleh mengupload gambar yang mempunyai keterkaitan dengan bisnis kamu. Misalnya foto karyawan kamu yang sedang bekerja atau suasana di restoran kamu.

 

Manfaatkan Hastag

Pemakaian hastag atau yang biasa kita sebut tagar (#) ini memang cukup fenomenal di beberapa sosial media seperti Twitter dan juga Instagram.

Simbol sederhana ini mempunyai fungsi untuk mengelompokan konten pada sebuah topik dan memudahkan pengguna ketika mencari topik tersebut.

Misalnya ketika kamu mencari topik dengan hastag #tasmurah.

Maka akan muncul banyak postingan yang ada di Instagram dengan hastag #tasmurah. Hal ini tentunya akan memudahkan konten kamu untuk ditemukan oleh banyak orang.

Kesimpulannya adalah, kamu harus selalu memberikan hastag di semua postingan yang kamu buat. Usahakanlah untuk memberikan hastag dengan jumlah lebih dari 5 dan tidak boleh melebihi 20 dengan kata yang bervariasi.

Untuk menumukan hastag yang relevan dengan jumlah postingan banyak kamu dapat mencarinya di deskgram.net.

Baca Juga: Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Mudah

 

TRIK MARKETING INSTAGRAM

Caption Menarik

Instagram mungkin berisi berbagai macam konten visual yang mempunyai daya pikat, namun kamu jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap konten yang ada. Caption dapat memberikan suatu peluang besar bagi bisnis kamu untuk dapat menceritakan tentang bisnis kamu. Keterangan yang ada di Instagram memungkinkan kamu untuk dapat memperluas konten, memberikan konteksnya, dan bahkan bisa membuat followers kamu tertawa (terutama apabila kamu senang menggunakan emoji).

 

Gunakanlah Foto atau Video Album

Kamu bisa menambahkan sampai dengan 10 foto atau video ke satu postingan Instagram. Fitur yang satu ini memberikan kesempatan bagi calon pembeli kamu untuk menggeser dan juga melihat setiap konten secara individual. Album ini menawarkan suatu cara untuk menggabungkan foto dan atau video untuk dapat bercerita dan juga menyampaikan suatu informasi dengan cara yang cukup menarik.

Nah untuk lebih jelasnya kamu dapat meniru strategi yang digunakan oleh @fortuneenstore01, dalam setiap postingannya menggunakan fitur album.

 

Gunakanlah Instagram Story

Instagram story sudah mengumpulkan rata-rata sekitar 250 juta pengguna harian. Hal ini menjadi bukti bahwa dalam marketing Instagram kamu harus dapat memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan setiap brand kamu. Instagram story dapat menjadi suatu fitur yang sempurna bagi para pelaku bisnis untuk mengasah kreatifitas dan juga menciptakan foto dan video yang menarik perhatian calon konsumen.

 

Harga Diskon

Harga diskon ini tentunya akan menarik perhatian banyak orang. Di Instagram, cara yang satu ini sangatlah efektif untuk dapat meningkatkan penjualan dan juga interaksi dengan para folowers. Sudah banyak online shop besar yang ada di Instagram yang menerapkan trik tersebut.

Trik yang sangat sederhana dan juga efektif. Kamu hanya perlu menambahkan tulisan harga yang dicoret dan kemudian berikanlah harga yang lebih murah di caption konten yang kamu upload.

Namun kamu harus memastikan harga diskon yang kamu berikan lebih murah dari para kompetitor kamu, karena apabila tidak pasti akan banyak dari folowers kamu yang kabur dan akan lebih memilih online shop yang lainnya.

 

Uploadlah Bukti Transaksi

Jangan selalu upload konten produk secara terus menerus. Alasannya sangat simpel. Hal ini untuk membuat orang yang membeli produk dari kamu percaya. Apabila kamu selalu upload konten produk, apakah orang akan percaya begitu saja dengan akun Instagram kamu?

Jawabannya adalah tidak.

Kamu membutuh sesuatu yang bisa membuat mereka percaya dan yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Caranya adalah dengan mengupload bukti transaksi seperti foto ketika barang dikirimkan, testimony dari para pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya bukti transaksi dari kegiatan bisnis  kamu, maka akan membuat orang lebih mudah untuk percaya, ini merupakan trik Instagram marketing tentang kredibilitas atau dapat dipercaya.

Silahkan coba apabila kamu tidak percaya.

 

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *