Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Hosting

4 min read

Web Hosting (server) adalah suatu layanan yang mempunyai fungsi sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan seluruh data atau sebagai database dari suatu website atau situs sehingga dapat diakses melalui jaringan internet.

Dalam hal ini data yang dimaksud dapat berupa video, dokumen, email, gambar, aplikasi, dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa orang yang menjelaskan bahwa pengertian dari hosting adalah suatu tempat untuk menyimpan berbagai jenis kebutuhan pada sebuah website supaya dapat online dan juga dapat diakses dengan melalui internet.

Hal ini berarti bahwa supaya suatu website dapat online dan juga dapat diakses dari mana pun maka website tersebut harus dapat menyimpan data-datanya di sebuah lokasi yang khusus, yaitu hosting.

Hosting juga bisa diibaratkan seperti suatu kios yang disewakan yang berada di dalam mall dengan berbagai macam ukuran dan juga berbagai spesifikasi tertentu.

Pihak penyedia dari layanan hosting menyediakan berbagai paket hosting yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan website dari si penyewa.

Semakin besar atau semakin kompleks data dan juga trafik pada sebuah website, maka akan semakin tinggi pula ukuran dan juga spesifikasi hosting yang diperlukan.

Cara Kerja Web Hosting

Pada saat kamu mengakses suatu website baik itu dengan memakai alamat IP atau nama domain melalui browser yang memakai network protocol HTTP, internet akan mengirimkan permintaan untuk akses kepada server web hosting.

Setelah itu, server akan mengirimkan data atau informasi yang diminta ke perangkat komputer atau laptop melalui internet yang kemudian akan diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk gambar dan juga tulisan.

Berikut ini adalah gambaran ilustrasi-nya.

cara kerja hosting

Pada saat kamu ingin mengakses suatu website, maka kamu harus menuliskan alamat website pada browser yang kamu pakai.

Selanjutnya perintah yang berasal dari browser tersebut akan diteruskan internet ke server web hosting untuk diproses sesuai dengan perintah.

Hasil dari kegiatan tersebut adalah tampilan berupa gambar dan informasi website yang ingin buka.

Supaya dapat ditampilkan oleh browser, maka internet akan meneruskan data atau informasi yang berasal dari server web hosting ke browser.

Oleh karena itu kamu bisa melihat tampilan halaman suatu website yang kamu butuhkan.

 

Fungsi Hosting

Fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data atau database dari suatu website sehingga dapat diakses darimana pun dengan melalui jaringan internet. Berikut merupakan beberapa fungsi dari hosting.

1. Tempat untuk Menyimpan Data

Fungsi utama dari sebuah web hosting adalah sebagai suatu tempat untuk menyimpan berbagai data atau properti dari suatu website sehingga dapat diakses dengan melalui jaringan internet.

Dengan adanya suatu tempat penyimpanan dari berbagai data tersebut, maka pemilik website dapat menyediakan berbagai macam data yang diperlukan oleh pengunjung website.

2. Sebagai Alamat Akses Data Website atau Situs

Fungsi hosting yang selanjutnya adalah sebagai redireksi atau sebagai alamat akses data suatu website atau situs dari DNS atau domain name server tertentu.

Misalnya, suatu website atau situs dengan menggunakan domain website.com akan teregister pada DNS atau domain name server tertentu.

Supaya website atau situs tersebut dapat diakses maka domain harus dihubungkan dengan hosting supaya server penyedia domain bisa mengakses hosting tempat menyimpan database dari website atau situs tersebut.

3. Menjaga Website Supaya Tetap Online

Fungsi dari hosting yang satu ini sangatlah penting, terutama bagi suatu website yang banyak diakses orang atau pengguna untuk keperluan layanan umum dan juga bisnis.

Supaya website dapat tetap online maka hosting yang digunakan harus mempunyai suatu garansi uptime yang tinggi dari penyedia jasa hosting.

Baca Juga: Domain

 

Jenis Web Hosting

Pada dasarnya hosting ini terdiri dari beberapa jenis dan juga spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari pemilik situs atau website. Berikut merupakan beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah suatu jenis layanan dari web hosting yang dimana dalam satu server terdapat beberapa website atau situs.

Jenis hosting ini pada umumnya mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting yang lainnya, disamping karena ukuran dan juga spesifikasi-nya (RAM & CPU) lebih rendah, server-nya dapat dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik website atau situs.

Jenis hosting seperti ini biasanya akan digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang mempunyai trafik website tidak begitu banyak.

Kelebihan Shared Hosting

  • Biaya untuk menyewa cukup hemat dan ekonomis jika dibandingkan dengan jenis yang lain.
  • Pemakaiannya cukup mudah, karena tidak direpotkan dengan setting server sendiri.
  • Pada umumnya support layanan hosting selama 24 jam.
  • Apabila ada masalah dengan server kamu tidak harus turun tangan sendiri, penyedia jasa akan memperbaiki kesalahan tersebut.

Kekurangan Shared Hosting

  • Karena pemakaiannya secara bersama – sama, apabila ada salah satu pengguna yang menyebabkan overload atau gangguan pada server, maka pengguna yang lain akan terkena dampaknya.
  • Mempunyai akses yang sangat terbatas pada server dan hanya bisa mengakses serta mengelola file nya sendiri.
  • Semua setting batasan atau limit sudah ditentukan oleh pengelola server.

2. VPS Hosting

VPS hosting adalah suatu singkatan dari Virtual Private Server, adalah sebuah mesin virtual yang dapat digunakan sebagai hosting untuk website atau situs.

Pada dasarnya VPS ini hampir sama atau mirip dengan shared hosting, namun VPS mempunyai suatu kelebihan tersendiri, yaitu memiliki sumber daya yang lebih besar dan mempunyai teknologi virtualisasi.

Virtual Private Server ini sangat cocok untuk digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang mempunyai trafik dari website yang tinggi.

Kelebihan VPS

  • Harga VPS lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated server.
  • Kamu bisa dengan bebas mengcustom server VPS yang kamu miliki.
  • Mempunyai akses root server VPS.
  • Pada jenis VPS managed, terdapat tim support yang sudah siap siaga membantu kamu 24 jam.
  • Kamu bisa menurunkan atau menaikkan resource tanpa harus mengalami down time.

Kekurangan VPS

  • Dibutuhkan pengetahuan tentang server dan juga sistem operasi.
  • Biaya yang dikeluarkan lebih mahal apabila dibandingkan dengan shared hosting.
  • Jenis server ini mengharuskan kamu menginstall control panel sendiri.

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah suatu jenis dari layanan hosting yang menyediakan  suatu server yang hanya dapat digunakan untuk satu akun website saja.

Dapat dikatakan bahwa satu server ini akan didedikasikan untuk dapat melayani satu klien saja atau satu website.

Jenis hosting ini sangatlah cocok untuk para blogger atau pemilik website atau situs dengan trafik dari websitenya yang sangat tinggi.

Selain performa dari website yang lebih baik, dedicated hosting ini juga menawarkan privasi yang lebih terjamin dan terjaga karena Dedicated hosting ini hanya digunakan oleh satu klien saja.

Kelebihan Dedicated Server

  • Satu server yang hanya dipakai oleh kamu.
  • Mempunyai akses root server.
  • Kamu yang menentukan aturan sendiri.
  • Kontrol penuh untuk dapat meningkatkan server sendiri.
  • Mempunyai resource yang besar dan hanya dipakai oleh kamu sendiri.

Kekurangan Dedicated Server

  • Dibutuhkan pengetahuan tentang server dan sistem operasi.
  • Biaya yang dibutuhkan lebih mahal dibandingkan dengan shared server.
  • Mengharuskan kamu menginstall control panel sendiri.
  • Apabila melakukan upgrade/downgrade akan mengalami down time, hal ini karena server harus dimatikan.

 

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah suatu jenis hosting yang dilengkapi dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan suatu teknologi komputasi awan atau cloud.

Cloud hosting ini menggunakan banyak sekali server yang tersebar di berbagai titik yang ada di berbagai negara sehingga website yang berada dalam hosting ini akan mempunyai proses loading yang sangat cepat, lebih stabil, dan juga cenderung lebih aman.

Kelebihan Cloud Server

  • Biaya yang dibutuhkan murah, tidak jauh berbeda dengan shared server.
  • Tidak akan kehilangan data, karena jika server fisik rusak data akan tetap ada.
  • Mempunyai kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.
  • Fleksibel, karena kamu kamu dapat mengakses data dengan mudah.
  • Kamu tidak membutuhkan kemampuan teknis tentang server dan sistem operasi karena full managed dari pengelola server.

Kekurangan Cloud Server

  • Tidak ada perlindungan privasi, karena semua data yang tersimpan berpusat di cloed server utama.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit penjelasan tentang web hosting. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Jika ada kritik, saran atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.

Avatar for Digital Site
Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Domain

Avatar for Digital Site Digital Site
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *