Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Hosting

2 min read

Pengertian Hosting

Sebetulnya, apa itu hosting atau biasa disebut dengan web hosting? Hosting adalah suatu layanan yang mempunyai fungsi sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan seluruh data atau sebagai database dari suatu website atau situs sehingga dapat diakses melalui jaringan internet.

Dalam hal ini data yang dimaksud dapat berupa video, dokumen, email, gambar, aplikasi, dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa orang yang menjelaskan bahwa pengertian dari hosting adalah suatu tempat untuk menyimpan berbagai jenis kebutuhan pada sebuah website supaya dapat online dan juga dapat diakses dengan melalui internet.

Hal ini berarti bahwa supaya suatu website dapat online dan juga dapat diakses dari manapun maka website tersebut harus dapat menyimpan data-datanya di sebuah lokasi yang khusus, yaitu hosting.

Hosting juga bisa diibaratkan seperti suatu kios yang disewakan yang berada di dalam mall dengan berbagai macam ukuran dan juga berbagai spesifikasi tertentu. Pihak penyedia dari layanan hosting menyediakan berbagai paket hosting yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan website dari si penyewa.

Semakin besar atau semakin kompleks data dan juga trafik pada sebuah website, maka akan semakin tinggi pula ukuran dan juga spesifikasi hosting yang diperlukan.

Baca Juga: Domain Adalah: Sejarah, Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh

 

Fungsi Hosting

Fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data atau database dari suatu website sehingga dapat diakses darimana pun dengan melalui jaringan internet. Berikut merupakan beberapa fungsi dari hosting.

  1. Tempat untuk Menyimpan Data

Fungsi utama dari sebuah web hosting adalah sebagai suatu tempat untuk menyimpan berbagai data atau properti dari suatu website sehingga dapat diakses dengan melalui jaringan internet. Dengan adanya suatu tempat penyimpanan dari berbagai data tersebut, maka pemilik website dapat menyediakan berbagai macam data yang diperlukan oleh pengunjung website.

  1. Sebagai Alamat Akses Data Website atau Situs

Fungsi hosting yang selanjutnya adalah sebagai redireksi atau sebagai alamat akses data suatu website atau situs dari DNS atau domain name server tertentu. Misalnya, suatu website atau situs dengan menggunakan domain website.com akan teregister pada DNS atau domain name server tertentu.

Supaya website atau situs tersebut dapat diakses maka domain harus dihubungkan dengan hosting supaya server penyedia domain bisa mengakses hosting tempat menyimpan database dari website atau situs tersebut.

  1. Menjaga Website Supaya Tetap Online

Fungsi dari hosting yang satu ini sangatlah penting, terutama bagi suatu website yang banyak diakses orang atau pengguna untuk keperluan layanan umum dan juga bisnis. Supaya website dapat tetap online maka hosting yang digunakan harus mempunyai suatu garansi uptime yang tinggi dari penyedia jasa hosting.

 

Jenis Web Hosting

Pada dasarnya hosting ini terdiri dari beberapa jenis dan juga spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari pemilik situs atau website. Berikut merupakan beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui:

  1. Shared Hosting

Shared hosting adalah suatu jenis layanan dari web hosting yang dimana dalam satu server terdapat beberapa website atau situs. Jenis hosting ini pada umumnya mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting yang lainnya, disamping karena ukuran dan juga spesifikasinya (RAM & CPU) lebih rendah, servernya dapat dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik website atau situs.

Jenis hosting seperti ini biasanya akan digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang mempunyai trafik website tidak begitu banyak.

  1. VPS Hosting

VPS hosting adalah suatu singkatan dari Virtual Private Server, adalah sebuah mesin virtual yang dapat digunakan sebagai hosting untuk website atau situs.

Pada dasarnya VPS ini hampir sama atau mirip dengan shared hosting, namun VPS mempunyai suatu kelebihan tersendiri, yaitu memiliki sumber daya yang lebih besar dan mempunyai teknologi virtualisasi.

Virtual Private Server ini sangat cocok untuk digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang mempunyai trafik dari website yang tinggi.

  1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah suatu jenis dari layanan hosting yang menyediakan  suatu server yang hanya dapat digunakan untuk satu akun website saja. Dapat dikatakan bahwa satu server ini akan didedikasikan untuk dapat melayani satu klien saja atau satu website.

Jenis hosting ini sangatlah cocok untuk para blogger atau pemilik website atau situs dengan trafik dari websitenya yang sangat tinggi.

Selain performa dari website yang lebih baik, dedicated hostingini juga menawarkan privasi yang lebih terjamin dan terjaga karena Dedicated hosting ini hanya digunakan oleh satu klien saja.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah suatu jenis hosting yang dilengkapi dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan suatu teknologi komputasi awan atau cloud.

Cloud hosting ini menggunakan banyak sekali server yang tersebar di berbagai titik yang ada di berbagai negara sehingga website yang berada dalam hosting ini akan mempunyai proses loading yang sangat cepat, lebih stabil, dan juga cenderung lebih aman.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian hosting, fungsi hosting, serta beberapa jenis hosting yang sering digunakan oleh para blogger atau pemilik website. Semoga artikel yang Digital Site sampaikan ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan Anda.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *