Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

CDN (Content Delivery Network)

4 min read

CDN / Content Delivery Network

Pada dasarnya CDN (Content Delivery Network) ini ditujukan bagi suatu website yang mempunyai skala besar dengan banyak konten.

Walaupun demikian, sebetulnya seluruh situs web juga bisa menggunakan Content Delivery Network untuk meningkatkan performa situs web.

Apabila kamu belum mengetahui banyak tentang CDN, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang Content Delivery Network, berikut pembahasannya.

Apa itu CDN?

Pada umumnya pngertian CDN atau Content Delivery Network adalah suatu kumpulan dari server yang diletakan di berbagai belahan dunia yang mempunyai fungsi untuk memberikan akses yang lebih cepat kepada para pengunjung situs web.

Selain itu bisa diartikan juga sebagai bentuk monitoring konten website. Dengan menggunakan Content Delivery Network ini, maka berbagai konten yang ada di situs web seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts, dan lain sebagainya akan di mirror pada server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Sehingga dengan menggunakan Content Delivery Network ini berarti konten yang ada di situs web tersebut akan dicopy ke server cadangan.

Sebagai contoh, misalnya apabila seseorang mempunyai situs web yang web hostingnya terletak di Indonesia, otomatis jika ada visitor dari Rusia yang mengunjungi situs web orang tersebut, maka mereka akan kesulitan untuk membuka situs web tersebut.

Hal tersebut dikarenakan terbatas pada jarak dan kecepatan international connection dari kedua negara dan tentunya akan sering terjadi timeout.

Tapi dengan memakai Content Delivery Network ini, walaupun server berada di Indonesia  dan pengunjung dari luar Indonesia (Eropa) hal tersebut tidak menjadi masalah lagi.

Karena yang melakukan response bukanlah server yang berada di Indonesia, melainkan server Content Delivery Network yang berada di Eropa.

Demikian pula jika ada visitor yang berasal dari USA, maka server Content Delivery Network USA lah yang akan melakukan response ke visitor tersebut.

Dalam hal tersebut berarti secara otomatis server Content Delivery Network akan melakukan respon dengan server yang terdekat dengan pengunjung.

Sehingga, dengan melalui penggunaan Content Delivery Network ini, situs web akan lebih cepat dibuka dari negara manapun, dan pemakaian kuota bandwith di server asal tidak akan terlalu berat.

 

Cara Kerja CDN

Cara Kerja CDN

Pada dasarnya, CDN merupakan jaringan server yang saling terhubung bersama – sama dengan tujuan untuk menyampaikan konten dengan cepat, mudah, andal dan juga seaman mungkin dengan memakai teknologi cache.

Website yang memakai layanan Content Delivery Network ini tentu saja menggunakan nameserver yang telah disediakan oleh Content Delivery Network.

Dengan demikian, ketika kunjungan pertama dari visitor melakukan permintaan akses sebuah website, Content Delivery Network akan melakukan pengunduhan beberapa konten statis.

Cara Kerja Content Delivery Network

Konten statis tersebut seperti gambar, java script, CSS. Konten statis tersebut nantinya akan di-cache ke dalam server Content Delivery Network dan selanjutnya akan dikirimkan ke visitor (user) website melalui browser.

Ketika kunjungan pertama, waktu yang dibutuhkan cukup lama apabila dibandingkan dengan kunjungan yang ke-2 atau setelahnya.

Pada saat kunjungan yang ke-2, visitor akan mengambil konten yang sudah di-cache oleh Content Delivery Network tadi.

Dengan demikian hosting tidak harus memberikan semua konten. Hal tersebut karena hosting tinggal melengkapi konten yang belum ada saja.

Proses tersebut tentu saja akan menyingkat pengiriman, karena akan mengambil file dari server yang paling dekat dengan visitor.

Sehingga, walaupun sudah melakukan perubahan pada halaman website biasanya tidak akan langsung mengalami pergantian ketika diakses.

Hal tersebut dikarenakan visitor masing memperoleh cache dari tampilan yang lama.

Oleh karena itu, membutuhkan waktu beberapa saat untuk Content Delivery Network melakukan cek kembali apakah terdapat perubahan di server hosting.

 

Manfaat Penggunaan CDN

Walaupun manfaat atau keuntungan menggunakan CDN ini bermacam – macam tergantung pada ukuran dan juga kebutuhan properti internet, secara umum manfaat nya bisa dibagi menjadi 4, yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan Waktu Pemuatan Website

Dengan melakukan pendistribusian konten lebih dekat dengan visitor (user) website dengan menggunakan server CDN terdekat, tentu saja user akan mengalami waktu pemuatan halaman yang lebih cepat.

Hal tersebut tentunya akan mengurangi bounce rate, karena salah satu penyebab bounce rate adalah latency.

Latency adalah suatu peningkatan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transfer informasi atau data dari user ke sumber dan kembali lagi ke user.

Selain itu, karena Content Delivery Network ini menyimpan cache situs web di beberapa server yang ada di seluruh dunia, maka akan mengurangi beban server asal bahkan pada saat situs web mempunyai banyak visitor.

2. Mengurangi Penggunaan Resource

Content Delivery Network ini melakukan cache dan juga mengirimkannya kepada user dengan meminimalkan permintaan ke server hosting (asal).

Tentu saja hal tersebut sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki server hosting dengan sumber daya yang terbatas.

Misalnya saja terdapat pembatasan bandwidth yang terkadang dapat melebihi kapasitas yang ada.

Selain hal tersebut terdapat beberapa penyedia layanan server hosting yang juga menerapkan batasan disk space ataupun RAM untuk sebuah server hosting.

3. Meningkatkan Ketersediaan dan Redudansi Konten

Jumlah pengunjung website yang tinggi dan kegagalan perangkat keras adalah kombinasi yang buruk.

Hal tersebut karena akan menyebabkan terjadinya down time yang sering pada suatu website.

Berkat sistem terdistribusi dengan bantuan Content Delivery Network ini tentu saja hal tersebut tidak menjadi masalah lagi.

Dengan cara menyebarkan beban ke berbagai sistem distribusi konten, maka beban infrastruktur dan server akan menjadi lebih ringan.

Dengan demikian, CDN bisa menangani lebih banyak traffic dan mencegah kegagalan hardware.

4. Meningkatkan Keamanan Website

meningkatkan keamanan website

Apabila proses transfer data hanya dilakukan oleh satu server, maka jaringan kamu akan rentan terhadap serangan online berbahaya seperti DdoS.

Hal tersebut dikarenakan permintaan terkoordinasi yang dikirimkan dari berbagai lokasi dan user di satu waktu tertentu yang terkadang bisa dilakukan secara otomatis dengan bot.

Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah untuk menyebabkan masalah pada server dengan cara menaikan jumlah traffic.

Cara tersebut pada umumnya digunakan untuk membuat pernyataan politik atau memang murni ingin memberikan masalah.

Serangan tersebut dapat terjadi dalam beberapa jam sampai dengan berhari – hari sehingga situs web tidak bisa diakses dan hasilnya traffic akan menurun.

Dengan memakai penyaring DDoS dan menyebarkan query ke beberapa lokasi, maka permintaan palsu dari bot yang menyebabkan kenaikan traffic secara drastis dapat ditangani.

Selain itu, kamu dapat menggunakan Content Delivery Network untuk mengamankan data yang sensitif dari serangan para hacker.

Content Delivery Network akan terus melakukan update / memperbarui sertifikat TLS atau SSL untuk meningkatkan standar otentikasi dan enkripsi.

Sertifikat tersebut juga bisa digunakan untuk membelokkan traffic dari server asal ke proxy.

 

Cara CDN Meningkatkan Waktu Pemuatan Situs Web

CDN akan membantu dalam mengurangi waktu muat situs web dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut:

  • Sifat dari Content Delivery Network yang didistribusikan secara global berarti dapat mengurangi jarak antara user dengan sumber daya website. Content Delivery Network dapat memungkinkan user terhubung ke pusat data yang lebih dekat secara geografis, sehingga layanan akan lebih cepat.
  • Memaksimalkan hardware dan software seperti penyeimbangan muatan yang efisien dan hard disk solid state bisa membantu data menjangkau user lebih cepat.
  • Mengurangi jumlah data yang ditransfer, yaitu dengan cara mengurangi ukuran file menggunakan teknik seperti minifikasi dan kompresi file. Ukuran file yang lebih kecil tentunya akan berakibat pada waktu pemuatan yang lebih cepat.
  • Bisa mempercepat website yang memakai sertifikat TLS / SSL dengan memaksimalkan penggunaan kembali koneksi dan mengaktifkan TLS false start.

 

Cara CDN Menjaga Situs Web Selalu Online

Waktu aktif menjadi salah satu hal yang penting bagi siapa saja yang mempunyai properti internet.

Kegagalan hardware dan lonjakan traffic, sebagai akibat dari serangan orang yang tidak bertanggungjawab atau memang murni karena peningkatan popularitas situs, berpotensi menjatuhkan server web dan mencegah user mengakses website.

Dalam hal ini CDN mempunyai beberapa fitur yang dapat meminimalkan terjadinya down time, yaitu sebagai berikut.

  • Load balancing ini memungkinkan dilakukannya pendistribusian lalu lintas jaringan secara merata di beberapa server. Tentu saja hal tersebut akan mempermudah dalam mengukur lonjakan traffic yang cepat.
  • Intelligent failover ini memberikan layanan tanpa gangguan. Bahkan apabila salah satu atau lebih server Content Delivery Network offline karena kegagalan fungsi hardware, failover bisa mendistribusi kembali traffic ke server operasional lainnya.
  • Apabila semua pusat data mengalami masalah teknis, maka perutean anycast akan mentransfer traffic ke pusat data lain yang ada. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada user yang kehilangan akses ke website.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang CDN (Content Delivery Network). Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Apabila ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan saja di kolom komentar. Terimakasih.

Avatar for Digital Site
Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Web Server

Avatar for Digital Site Digital Site
6 min read

Fiber Optik

Avatar for Digital Site Digital Site
6 min read

Hosting

Avatar for Digital Site Digital Site
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *