Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

11 Cara Cari Uang di Internet Mudah dan Paling Jitu

9 min read

cari uang di internet

Salah satu cara cari uang di internet yaitu dengan memanfaatkan website Anda. Membuat niche atau topik, menciptakan traffic, dan memualai untuk menjual produk atau layanan kepada para pengunjung situs web atau website.

Apabila membuat website, Anda mempunyai kebebasan penuh untuk mengelola dan mengatur keuntungan yang diperoleh.

Untuk dapat mengonlinekan website, Anda memerlukan web hosting. Hostinger menawarkan suatu paket hosting terbaik, terlebih untuk Anda yang masih pemula dalam dunia webiste.

Nah berikut merupakan  berbagai cara mencari uang lewat internet dengan membuat website atau situs web.

Membuat Suatu Blog

Orang-orang yang memanfaatkan blog sebagai sarana untuk bisa mengekspresikan pendapat atau suatu platform yang bisa memuat seni dan kreativitas mereka.

Namun ternyata, ada pula sebagian orang yang bisa merubah blog menjadi mesin penghasil uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.bahkan ada yang sukses mengantarkan blog atau website nya menjadi perusahaan online yang besar, seperti halnya dengan HuffingtonPost. Cara cari uang di internet yang satu ini sangat populer sekarang.

Sayangnya, tidak semua blogger sukses menjadikan situsnya terkenal dan menghasilkan banyak uang. Namun, apabila Anda tekun, ulet, dan menemukan suatu metode yang tepat, memperoleh uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin.

Dengan memanfaatkan blog atau situs website, Anda harus mempunyai visi dan misi dalam jangka panjang. Perlu diingat, Anda tidak akan langsung memperoleh uang begitu blog atau situs website Anda aktif. Namun, seiring dengan meningkatnya kemampuan dalam menulis dan memilih konten-konten yang berkualitas, Situs atau website Anda akan dibanjiri dengan traffic. Tentunya hal ini akan memberi peluang yang sangat baik untuk Anda.

Apabila tujuan Anda adalah membuat blog atau website yang dapat menghasilkan uang, maka simaklah beberapa tips berikut ini:

  1. Pilihlah topik yang tidak akan pernah mengalami kadaluwarsa, misalnya saja hubungan, hobi, kesehatan, keuangan, atau pengembangan diri.
  2. Selalu berusaha untuk dapat menghadirkan konten dengan resource yang berkualitas dan bermutu
  3. Pelajarilah secara mendalam tentang SEO dan tingkatkanlah peringkat situs atau website Anda pada mesin pencarian.
  4. Jalinlah relasi dengan blogger yang sudah populer dan influencer lainnya.

Keempat tips yang sudah disampaikan diatas akan bisa membantu Anda untuk tetap berada pada jalan yang benar. Setelah blog atau website Anda memperoleh banyak traffic, kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari internet semakin terbuka lebar. Anda pun akan bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menjual berbagai produk afiliasi
  2. Iklan dengan berbayar
  3. Menawarkan kursus online dan berbagai bahan pembelajarannya
  4. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan

Mempromosikan produk merupakan salah satu cara memperoleh uang melalui internet. Lalu bagaimana cara cari uang di internet ini? Anda bisa menjadi anggota afiliasi di beberapa situs yang menyediakan program afiliasi. Contohnya saja adalah Hostinger, yang merupakan situs penyedia hosting dan domain paling besar di Indonesia. Produk yang dijual berupa domain, hosting dan web builder. Menariknya adalah komisi yang ditawarkan sebesar 60%.

Membuat Website Untuk Afiliasi

Website afiliasi yang dibuat, digunakan untuk merekomendasikan atau mengulas berbagai produk tertentu. Apabila ada pengunjung situs yang membeli produk atau layanan yang dipasang di website atau situs Anda, maka Anda akan memperoleh komisi.

Meskipun pendapatan yang diberikan tidak terlalu besar, ada banyak sekali situs yang mendasarkan penghasilannya pada afiliasi. Sebagai cotoh adalah Pat Flynn of Smart Passive Income memperoleh pendapatan bulanan dengan melakukan affiliate marketing.

Contoh yang lainnya adalah the WireCutter. Situs ini pada dasarnya adalah website populer yang mengulas suatu produk. Situs ini lalu mendatangkan keuntungan yang lebih banyak setelah dibeli oleh New York Times dengan harga $30 juta.

Mulailah untuk membuat situs atau website afiliasi dan memperoleh pendapatan dengan merekomendasikan dan mengulas berbagai produk atau layanan. Atau, Anda dapat mengintegrasikan affiliate marketing ke blog atau website yang sudah dibuat sebelumnya dengan menampilkan resource yang Anda rekomendasikan kepada pengunjung situs web atau blog Anda.

Baca Juga: 20 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

 

Membangun Website eCommerce

Pada saat ini situs eCommerce semakin populer. Dengan adanya platform yang sudah mendukung, seperti WordPress dan WooCommerce, website eCommerce bisa dibuat kapan saja dan dimana saja. Cara cari uang di internet ini bisa sebagai ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.

Apakah pada saat ini Anda menginginkan untuk menjual berbagai produk fisik? Buat dan onlinekan lah bisnis Anda dan tariklah banyak pelanggan.

Terdapat 2 metode yang dapat menjamin keberhasilan toko online Anda:

  1. Menjual produk fisik niche pada sekelompok pembeli yang mempunyai dedikasi.
  2. Membeli barang-barang yang dibuat oleh pabrik dengan harga yang jauh lebih murah di luar negeri, lalu kemudian mengemasnya kembali, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Apabila Anda memilih cara yang pertama, Anda harus melakukan banyak riset, uji coba, dan pengembangan produk.

Namun jangan khawatir, usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Hal ini sudah dibuktikan oeh perusahaan-perusahaan besar seperti Ratio CoffeBeardBrand, dan SkinnyMe, ketiga perusahaan ini mampu mengukuhkan kedudukannya sebagai toko online yang sukses.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasa cara yang pertama terlalu beresiko, maka Anda bisa memilih cara yang kedua, yaitu dengan membeli barang-barang yang diproduksi oleh pabrik di luar negeri. Untuk cara yang ini, Anda tidak perlu untuk pergi ke luar negeri, cukup dengan membuka platform seperti AliExpress, kemudian pilih produk, dan yang terakhir jual kembali di toko online Anda.

Selain memikirkan hal penjualan, Anda pun diharuskan untuk memikirkan cara pengiriman produk. Anda dapat menangani pengirimannya sendiri atau dengan menggunakan metode yang sedang populer pada saat ini, yaitu dropshipping. Dengan menggunakan metode drop shipping, suatu pabrik atau perusahaan akan mengirimkan barang yang dipesan ke pelanggan atau konsumen Anda.

 

Membuat Website Untuk Reseller Web Hosting

Ada banyak sekali cara cari uang di internet, dan salah satunya yaitu dengan menjadi reseller web hosting. Apabila Anda tertarik, Anda dapat memanfaatkan layanan reseller yang disediakan atau ditawarkan oleh Hosting24.

Pada dasarnya, menjadi reseller hosting berarti Anda menyediakan ruang server yang dedicated dalam membangun brand web hosting yang Anda miliki. Dengan menjadi reseller web hosting, hal ini berarti Anda dapat melakukan:

  1. Buatlah akun web hosting yang sudah dilengkapi dengan cPanel
  2. Mengatur secara custom batasan resource seperti disk space, bandwith dan lain sebagainya
  3. Dengan mudah dapat mengelola semua akun dengan menggunakan WHM

cPanel ini dikenal dengan segala kemudahannya dalam mengelola akun hosting dan tool ini bisa digunakan untuk meraih lebih banyak calon pelanggan atau user baru. Uptime servernya pun diawasi atau dimonitori oleh tim administrator in haouse yang sudah menjamin ketersediaan dan uptime yang paling baik.

Selain itu, juga terdapat suatu tim support yang selalu ada 24 jam setiap hari untuk menjawab dan mengatasi semua permasalahan yang Anda alami.

Meskipun menjadi reseller, Anda tidak perlu repot-repot untuk menangani akuisisi user. Biarkan saja tim hosting yang akan mengelola semua aspek teknis yang terkait dengan manajemen server.

 

Membuat Website Untuk Kursus Online

Pada saat ini kursus online semakin populer dan mempunyai banyak peminat, hal ini seiring dengan perkembangan teknologi. Jadi, apabila Anda menginginkan untuk berbagi informasi dan pengetahuan yang Anda miliki, maka untuk membuat kursus online dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk memperoleh penghasilan lewat internet.

Supaya kursus online Anda berkualitas dan memproleh banyak perhatian dari calon pelanggan atau user, Anda wajib untuk memantapkan diri dan pribadi Anda terlebih dahulu. Anda dapat mempersiapkan diri untuk menjadi instruktur dengan memperkaya ilmu pengetahuan melalui berbagai platform yang membahas tentang belajar online, seperti BitDegree. BitGegree ini merupakan situs yang menawarkan kesempatan bagi Anda yang menginginkan untuk meningkatkan kemampuan dan berbagi dengan orang banyak yang juga tertarik untuk belajar tentang teknologi terbaru.

Panduan dan bahan untuk pembelajaran kursus online ini hadir dalam berbagai format, mulai dari unduhan PDF sampai dengan video kursus dengan durasi lama yang menampilkan diri Anda sebagai instrukturnya.

Kursus online ini pastinya akan memberikan keuntungan yang berlebih, apalagi layanan ini berada di bawah pengawasan Anda dan Anda pula yang mengelola keuangannya.

Apabila Anda memang mempunyai niatan untuk membuka kursus online tetapi belum memperoleh topik yang tepat, maka Anda dapat melakukan polling. Tanyakan kepada audience atau pengunjung, topik apa yang tepat untuk dijadikan sebagai materi dalam kursus online Anda.

Sebagai contoh, kursus online yang bernama Learn Scrivener Fast sepenuhnya didedikasikan untuk membantu para penulis untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan software Srivener. Pendiri kursus ini, Joseph Michael, menentukan topik pembahasan yang terinspirasi dari berbagai komentar yang ditulis di blog Michael Hyatt. Sampai sekarng, Learn Scrivener Fast menjadi salah satu kursus online terbaik.

 

Membuat Website Membership

Siapa bilang website atau situs membership tidak terlalu terkenal? Buktinya situs atau website ini mempunyai peminatnya sendiri. Untuk dapat mengelolanya pun tidak begitu sulit. Tetapi, seperti halnya situs atau website lain, situs atau website membership juga memerlukan audience atau traffic dengan jumlah yang tinggi.

Sebagai contohnya, Mark Manson membangun blog atau website tentang pengembangan diri. Di websitenya ini terdapat halaman tertentu yang memuat mengenai keanggotaan sehingga user atau pengguna dapat mengakses kursus online, video dan artike yang berguna untuk proses pembelajarannya. Bagi para pengikutnya, kenggotaan atau membership ini adalah kesempatan yang sangat langka.

Orang-orang mengunjungi website Anda karena mereka menyukai hal-hal yang Anda bagikan. Jadi, sudah selayaknya Anda menambahkan halaman untuk membership bagi para pengunjung atau user yang menginginkan konten premium. Tentunya untuk memperoleh konten premium mereka harus membayar terlebih dahulu.

Namun dalam hal ini pastinya akan ada beberapa orang yang menganggap halaman membership atau keanggotaan tidak begitu memberikan manfaat yang besar bagi mereka, tetapi untuk sebagian orang yang mengikuti perkembangan informasi dan konten yang Anda bagikan tentu saja akan melihat membership atau keanggotaan ini sebagai kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

 

Menyediakan Tempat Periklanan

Sudah terdapat banyak situs atau website yang sudah memasang iklan di konten mereka. Terkadang terdapat iklan yang tidak natural dan terkesan dipaksakan, namun ada juga iklan yang mengalir secara alami sesuai dengan isi konten.

Apabila website atau situs Anda memperoleh traffic dengan jumlah yang cukup banyak, maka Anda akan sangat mudah untuk membuat penghasilan online. Karena itu, pastikanlah Anda untuk terus memposting konten-konten yang berkualitas supaya traffic situs atau website Anda semakin naik dan situs atau website Anda bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian.

Biasanya, besaran pendapatan yang Anda terima bisa tergantung pada jenis network, tatapi ada pula yang dipengaruhi oleh jumlah klik.

Anda pasti sudah mengetahui dan sangat familiar dengan Google Adsense. Untuk bisa menggunakannya, maka bukalah ad network ini dan buatlah akunnya. Setelah akun sukses didaftarkan, Anda dapat memulai untuk memasang iklan di situs atau website Anda. Perlu diketahui, bahwa bayaran yang diperoleh dari iklan Adsense tidak begitu besar kecuali situs atau website Anda sudah ramai oleh pengunjung atau banyak diakses oleh jutaan pengunjung setiap bulannya.

Ad network lain yang dapat digunakan adalah Media.net dan Ezoic. Kedua Ad Network ini dapat dimanfaatkan setelah Anda memulai proses pendaftaran dan evaluasi yang diberikan oleh kedua Ad Network tersebut, selain itu kedua Ad Network ini juga bisa digunakan untuk mengoptimasi pendapatan dari iklan.

Jika Anda tidak begitu mengenal atau familiar atau mungkin tidak suka bekerja dengan menggunakan Ad Network, maka Anda harus berusaha untuk mengiklankan situs atau website dengan cara manual. Apabila situs atau website Anda menargetkan pengunjung tertentu, maka cara memperoleh uang dari internet dengan Ad Network sangatlah mudah. Anggaplah situs yang Anda kelola pada saat ini difokuskan dengan topik yang membahan manfaat dan optimasi tidur. Alih-alih mengaktifkan Ad Network, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda memberikan ruang atau tempat bagi suatu perusahaan untuk mengiklankan produk mereka di situs Anda.

Pilihan yang terakhr apabila tidak ingin mendaftarkan Ad Network dan menyediakan ruang iklan yaitu menulis konten berbayar atau konten bersponsor. Dalam hal ini, suatu perusahaan akan membayar Anda untuk suatu konten bersponsor yang sudah Anda tulis. Konten ini kemudian akan dipublikasikan di situs atau webiste Anda. Situs atau website yang menggunakan metode ini diantaranya Millo dan Buzzfeed.

 

Menawarkan Suatu Layanan

Salah satu cara mencari uang lewat internet yang paling cepat yaitu dengan menawarkan suatu layanan yang Anda miliki di website.

Ada 2 metode yang bisa digunakan untuk menawarkan suatu layanan:

  • Membuat website pendidikan dan tawarkan layanan yang Anda sediakan

Membuat blog atau website dengan niche atau topik yang memuat informasi berguna tentang suatu topik. Misalnya saja Anda mempunyai blog atau website yang membicarakan tentang kesehatan holistik, dan dalam website tersebut Anda sudah membuat daftar email atau bahkan sukses mengarahkan traffic yang tinggi ke website atau blog Anda.

Tambahkanlah halaman layanan yang menjelaskan bahwa Anda menawarkan pelatihan tentang kesehatan yang dapat diakses user atau pengguna melalui skype atau bertatap muka secara langsung.

  • Membuat blog sederhana dan tawarkanlah layanan yang Anda sediakan

Alternatif lainnya yang bisa ditempuh yaitu membuat website atau blog yang memang hanya ditujukan untuk menawarkan layanan Anda kepada perseorangan atau suatu perusahaan.

Misalnya saja, Anda ingin bekerja sebagai seorang penulis lepas.

Pilihlah niche atau topik dan onlinekan website atau blog untuk mulai memperkenalkan keahlian dan kemampuan Anda. Tambahkan beberapa halaman yang terdapat informasi mengenai diri Anda, jenis layanan yang ditawarkan, dan contoh portofolio atau hasil tulisan.

Kemudian, lakukanlah hal-hal seperti mengirimkan email cold outreach, podcast interview, dan guest blogging untuk menarik perhatian para pengunjung atau user.

Apabila Anda ingin lebih meningkatkan bisnis dengan basis layanan, maka Anda dapat menggabungkan kedua metode ini. Dengan demikian, hasil yang maksimal akan mudah untuk tercapai.

 

Membuat Website yang Menginformasikan Lowongan Pekerjaan

Informasi tentang lowongan pekerjaan dapat dijadikan sebagai salah satu topik pembahasan untuk membuat website dan menarik banyak keuntungan.

Dengan situs ini, Anda dapat meminta bayaran dari incividu atau perusahaan yang memposting informasi lowongan pekerjaan di situs Anda. Atau Anda juga bisa mewajibkan user atau pengunjung untuk menjadi anggota premium supaya bisa mengakses dan melamar pekerjaan yang diminatinya.

Akan tetapi ada suatu hal terpenting yang wajib Anda ingat, pastikanlah website atau situs Anda sudah mempunyai traffic atau kunjungan yang tinggi atau banyak. Suatu perusahaan tidak akan percaya untuk memposting informasi lowongan pekerjaan di situs Anda apabila traffic dari situs Anda rendah dan minim akan user dengan kriteria yang tepat dan terbaik.

Sebagai contohnya adalah ProBlogger Job Board. Dalam hal ini, baik individu maupun perusahaan, diharuskan untuk membayar sejumlah biaya apabila ingin memposting informasi lowongan pekerjaan. Sementara itu, untuk para pelamar tidak akan dikenakan biaya untuk mengakses bahkan melamar suatu pekerjaan. Sebab ProBlogger adalah situs resmi dengan traffic yang sangat tinggi, perusahaan atau pribadi yang memposting informasi lowongan pekerjaan akan memperoleh calon bakal karyawan sesuai dengan kriteria yang sudah diharapkan.

 

Buat Direktori Online

Pada saat ini memang direktori online tidak sepopuler dengan jenis website lainnya, namun kita tidak bisa menutup kemungkinan kalau opsi ini juga dapat mendatangkan pendapatan untuk Anda. Cara cari uang di internet ini bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Untuk sistem kerjanya hampir sama dengan website pencari lowongan pekerjaan. Hanya saja, Anda tidak akan menuntut bayaran dari suatu perseorangan maupun individu. Merekalah yang akan membayar Anda pada setiap bulannya untuk memperoleh daftar direktori.

Apabila website yang Anda kelola pada saat ini memperoleh traffic dalam jumlah yang tinggi, maka menawarkan directory listing adalah kesempatan yang sangat bagus.

Sebagai contohnya, Anda membuat website yang membahan tentang pengembangan dan desain website. Konten yang mempunyai kualitas tinggi pun dihasilkan untuk mempertahankan jumlah pengunjung atau traffic. Dengan situs seperti ini, Anda dapat menyediakan listing bagi web developer dan agensi.

Tidak hanya back link resmi dengan lsiting direktori, Anda juga dapat menyediakan sourse atau traffic yang tepat untuk bisnis para klien.

Pada umumnya, klien akan membayar biaya berlangganan pada setiap bulannya supaya direktori bisa didaftarkan. Bahkan Anda juga dapat menerapkan suatu sitem biaya premium dimana perusahaan atau perorangan dapat mencantumkan listing mereka pada bagian paling atas direktori sehingga akan menarik lebih banyak perhatian.

 

Menjual Website

Tentunya nilai jual suatu website tergantung pada tipe atau jenis suatu website yang Anda jalankan pada saat ini. Meskipun memang tidaklah seberapa, menjual website dapat menghasilkan sejumlah pundi-pundi rupiah. Cara cari uang di internet yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Nilai jual rata-rata untuk website Anda dikalikan dengan pendapatan yang diperoleh pada setiap bulannya. Kelipatan tersebut tentunya tergantung pada beberapa faktor, tapi Anda jangan khawatir, Anda dapat menjual situs dengan ketentuan mulai dari 12 sampai 30 kali lipat.

Nah berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kelipatan dari nilai jual website Anda:

  1. Perkembangan situs, apakah ada perkembangannya atau malahan jalan ditempat atau statis
  2. Kestabilan penghasilan
  3. Diversifikasi penghasilan
  4. Jumlah keuntungan yang dibuat situs
  5. Jumlah traffic yang diterima situs
  6. Kepemilikan atau otoritas domain
  7. Umur situs atau website

Apabila Anda ingin tahu berapa nilai jual situs Anda, dapat mencari tahunya di Empire Flipper Listings atau di ceksite.com.

Pastikanlah Anda sudah memperhitungkan baik dan buruknya untuk menjual situs, karena Anda tidak akan lagi memperoleh penghasilan pada setiap bulannya.

Nah, itu merupakan beberapa cara cari uang di internet yang pada saat ini cukup menghasilkan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *