Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Cara Riset Keyword Gratis Untuk Pemula

2 min read

Cara Riset Keyword Gratis Untuk Pemula – Riset keyword atau riset kata kunci memegang peran penting dalam keseluruhan kampanye SEO yang Anda lakukan. Di antara beragam taktik SEO lainnya, keyword research merupakan hal yang konstan dan tidak banyak terpengaruh oleh perubahan algoritme Google. Riset kata kunci merupakan taktik SEO wajib yang diaplikasikan oleh seluruh praktisi SEO, baik (terutama) pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Cara Riset Keyword dalam 6 Langkah

Dengan melakukan riset kata kunci, diharapkan Anda mampu mengetahui apa yang orang tulis di mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari. Dirangkum dari Hubspot (blog.hubspot.com), berikut adalah tata cara melakukan riset kata kunci untuk pemula dalam 6 langkah.

1.  Buat Daftar Topik Berdasarkan Bidang yang Anda Tekuni

Katakanlah Anda seorang penjual alat-alat otomotif. Carilah topik pembicaraan yang berkaitan dengan alat-alat otomotif tersebut. Anda bisa mencari sekitar 5-10 topik. Terkait topik tersebut, Anda bisa mencari topik yang umum atau spesifik. Misalnya, Anda hanya mencari topik yang khusus berbicara mengenai keunggulan produk. Sebagai contoh, topik-topik yang Anda bisa temukan dan kumpulkan adalah “alat poles”, “cat metalik”, “velg racing”, dsb.

2.  Penuhi Topik-topik Tersebut dengan Kata Kunci

Setelah Anda mengumpulkan beragam topik dan memiliki salah satu diantaranya, langkah selanjutnya adalah mencari kata kunci dari masing-masing topik tersebut. Pikirkanlah kata-kata yang mungkin diketik pencari ketika berusaha mencari sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut. Misalkan, kata kunci untuk topik “alat poles” adalah “harga alat poles”, “merk alat poles berkualitas”, “cara memoles yang benar”, “alat poles murah”, dsb.

3.  Lakukan Riset Kata yang Berkaitan

Cara riset keyword kreatif ini membuat Anda mampu menemukan lebih banyak lagi kata kunci. Lakukan ini, jika Anda merasa masih kekurangan atau ingin mendapatkan lebih banyak kata kunci. Caranya adalah dengan mengetik kata kunci yang Anda gunakan di Google. Perhatikan rekomendasi pencarian yang berhubungan dengan kata kunci di bagian bawah hasil pencarian Google. Anda akan menemukan banyak kata kunci baru.

4.  Kombinasikan Kata Kunci Head dan Long-Tail

Kata kunci head terms adalah kata kunci yang pendek dan bermakna umum. Biasanya kata kunci ini hanya berjumlah 1-3 kata. Kata kunci long-tail adalah kata kunci panjang yang bermakna lebih spesifik. Biasanya kata kunci ini berjumlah lebih dari 3 kata. Sebuah kata kunci yang umum dan pendek memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Sebaliknya kata kunci yang panjang dan spesifik memiliki tingkat persaingan yang rendah.

Pencari yang menggunakan kata kunci umum, biasanya tidak begitu mengetahui apa yang dicari. Sebaliknya, pencari yang menggunakan kata kunci spesifik, biasanya tahu apa yang mereka cari. Kombinasi antara head-terms dan long-tail keyword tersebut akan memfasilitasi 2 jenis pencarian tersebut. Artinya, kata kunci yang Anda gunakan memiliki peluang ditemukan, baik bagi mereka, para pencari umum maupun para pencari spesifik.

5.  Lihat Ranking Keyword Kompetitor

Mengetahui keyword apa yang digunakan kompetitor dan ranking keyword-nya merupakan hal yang penting. Hal tersebut dapat Anda lakukan untuk menyusun strategi keyword dan menambah referensi. Bagaimana cara melakukannya? Anda bisa melakukannya dengan mencoba melakukan riset manual atau menggunakan online marketing tool. Alat tersebut akan melaporkan ranking keyword dari domain yang Anda masukkan.

6.  Gunakan Keyword Research Tool

Terdapat beragam keyword reasearch tool yang bisa Anda gunakan untuk mengerucutkan keyword yang akan Anda gunakan. Selain itu alat riset kata kunci tersebut turut memberikan masukan dan rekomendasi mengenai daftar keyword yang sudah Anda buat dan susun sebelumnya. Alat riset kata kunci juga memberikan Anda beragam laporan terkait apapun yang berkaitan dengan kata kunci dan pencarian. Anda bisa memakai ubersuggest untuk melakukan riset keyword.

Tata cara riset keyword dalam 6 langkah tersebut ditujukan bagi pemula. Melakukan riset kata kunci yang baik, kreatif, dan tekun merupakan awal dari kampanye SEO yang akan menghasilkan kesuksesan di masa depan. Nah, Anda juga harus mengetahui berbagai macam teknik SEO advance untuk meningkatkan organic traffic website Anda.

Nah, itu merupakan penjelasan bagaimana langkah melakukan riset keyword. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih. Salam Digital !!

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Asuransi Adalah

Digital Site
6 min read

Bank Mandiri

Digital Site
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *