Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Cara Mengurutkan Data di Excel

1 min read

Cara mengurutkan data di Excel

Cara mengurutkan data di excel berdasarkan abjad – Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang biasa digunakan saat ini.

Untuk mempermudah penggunanya, microsoft excel menyajikan banyak fitur. Salah satunya adalah fitur mengurutkan data berdasarkan abjad (A ke Z atau Z ke A).

Untuk lebih mudah, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini :

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad

Sebagai contoh kami memiliki data Excel seperti ini.

cara mengurutkan data di excel berdasarkan abjad

1. Blok data dari cell A1 sampai C11, seperti gambar berikut :

mengurutkan data di excel secara otomatis

2. Masuk tab Data, kemudian pilih Sort

Bagaimana mengurutkan data di microsoft excel

3. Pada sort by kita pilih cell atau kolom nama, karena kita akan mengurutkan nama berdasarkan abjad. Dan pada order, kita pilih A to Z, artinya data akan diurutkan mulai dari abjad A sampai Z. Pilih OK.

cara mudah sort data di excel

4. Hasilnya akan seperti ini :

Mengurutkan data secara otomatis di excel

5. Pada bagian nama sudah urut mulai dari A-Z, untuk mengubah nomor menjadi urut seperti semula. Kamu hapus saja bagian nomor, kemudian isi kembali nomor urutnya.

cara mudah sort data

Kamu bisa memakai cara ketik angka 1 secara manual pada cell A2, dan angka 2 pada cell A3. Kemudian blok cell A2 dan cell A3, arahkan mouse ke bawah kanan cell A3 sehingga kursor berubah menjadi plus (+). Klik tahan geser sampai ke cell yang paling akhir pada tabel.

 

Tips Mengatasi Gagal Mengurutkan Data di Excel

Apabila kamu tidak berhasil atau mengalami suatu masalah dalam mengurutkan data di excel, maka kamu bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Munculkan baris atau kolom yang disembunyikan.

Perlu kamu ketahui bahwa kolom yang disembunyikan tersebut tidak dipindahkan pada saat kamu mengurutkan kolom dan baris yang tersebunyi juga tidak dipindahkan pada saat kamu mengurutkan baris.

Sebelum kamu mengurutkan data, alangkah lebih baiknya apabila memunculkan kolom dan juga baris yang tersebunyi terlebih dahulu.

  • .Periksa apakah nilai yang dihasilkan oleh rumus sudah benar.

Apabila dapat yang kamu urutkan berisikan satu rumus atau lebih, dan nilai yang dihasilkan dari rumus tersebut berubah pada saat dihitung ulang, maka dalam hal ini kamu perlu memastikan untuk melakukan pengurutan ulang.

Hal tersebut supaya kamu bisa memperoleh data dengan akurat atau terkini.

  • Mengaktifkan atau menonaktifkan judul baris

Dalam hal ini alangkah lebih baik kamu mempunyai judul baris pada saat kamu akan mengurutkan kolom.

Hal tersebut supaya data yang ada dapat dengan mudah dipahami oleh excel. Secara default, nilai yang ada dalam judul tidak disertakan dalam pengurutan.

Kadang kala, kamu mungkin perlu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan judul baris.

Dengan demikian, nilai yang ada dalam judul disertakan atau tidak disertakan dalam pengurutan.

Untuk mengecualikan baris pertama data yang ada dari pengurutan karena baris pertama tersebut merupakan judul kolom, maka kamu bisa ke home pada bagian editing, kemudian klik sort & filter, klik custom sort, dan pilih my data has headers.

Untuk mengikut sertakan baris pertama dalam pengurutan cara nya sama seperti mengecualikan baris pertama hanya saja sedikit berbeda pada bagian terakhirnya.

Dalam hal ini kamu perlu menghapus my data has headers untuk bisa memasukkan baris pertama sebagai data untuk diurutkan dengan menggunakan excel.

Bagaimana mudah bukan ? Demikian artikel cara mengurutkan data di excel berdasarkan abjad. Semoga bermanfaat !!

Avatar for Digital Site
Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *