Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

6 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

3 min read

cara mengetahui spesifikasi laptop

Ada beberapa alasan mengapa temen-temen perlu tahu spesifikasi laptop atau komputer yang akan digunakan oleh temen-temen.  Mungkin temen-temen ingin tahu spesifikasi laptop atau komputer hanya sekedar penasaran dengan spesifikasi laptop dan komputer yang temen-temen miliki. Atau mungkin ketika temen-temen akan menginstall softwere/game, temen-temen ingin memastikan bahwa spesifikasi laptop atau komputer temen-temen memenuhi persyaratan minimumnya.

Bisa juga ketika temen-temen akan membeli laptop atau komputer secound, temen-temen akan mengecek apakah memang spesifikasi laptop atau komputer yang akan temen-temen beli sesuai dengan keadaan aslinya atau tidak. Temen-temen juga bisa melihat spesifikasi lapto atau komputer karena laptop atau komputer temen-temen sedang bermasalah.

Misalnya, ketika komputer atau laptop temen-temen berbunyi saat dihidupkan dan tidak mau booting ke windows. Setelah di cek ternyata ada hardware yang rusak, berarti temen-temen harus membeli hardwere yang sesuai dengan motherboard laptop atau komputer temen-temen. Jadi sebenarnya banyak sekali ya manfaat dari mengetahui spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan. Berikut merupakan beberapa cara sederhana untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer :

Baca Juga: Cara mempercepat kinerja komputer/laptop

Melalui Menu Pengaturan

Apabila temen-temen ingin mengetahui gambaran umum mengenai konfigurasi sistem laptop atau komputer temen-temen, aplikasi pengaturan akan menyediakan beberapa informasi mengenai perangkat keras dan perangkat lunak laptop atau komputer temen-temen. Nah, berikut cara melihat spesifikasi laptop/komputer yang pertama :

  1. Klik menu windows explor
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer
  1. Klik setting
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer
  1. Klik system
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer
  1. Klik about
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer

Pada laman ini temen-temen akan menemukan informasi mengenai sistem operasi windows berapa yang terinstall pada laptop atau komputer temen-temen. Selain itu temen-temen juga dapat memperoleh informasi mengenai prosessor yang digunakan pada laptop atau komputer temen-temen, kapasitas ran dan besar hard drive.

Quick tips : Informasi yang sama juga bisa diperoleh dengan cara :

  1. Klik cpntrol panel
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer
  1. Kemudian klik system
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer
  1. Dan klik about
Cara Sederhana Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer

Menggunakan dxdiag

Berikut adalah cara bagaimana menggunakan fitur ini :

  1. Bukalah RUN atau temen-temen bisa menekan tobol Windows+R pada keybord laptop atau komputer temen-temen
  2. Selanjutnya, ketikan kata “dxdiag” pada box, setelah menekan windows+R
  3. Kemudian klik OK
  4. Tunggu beberapa saat maka akan muncul pop up box yang berisi informasi lengkap spesifikasi
  5. pada tab display temen-temen akan memperoleh informasi terperinci mengenai kartu grafis dan segala sesuatu yang bersangkutan dengan layar laptop atau komputer temen-temen.
  6. Sedangkan pada tab system temen-temen akan memperoleh informasi mengenai data lengkap dari prosessor, OS hingga RAM
  7. Pada tab sound serta tab input versi system, temen-temn akan memperoleh informasi lengkap mengenai driver hingga input device.

 

Dengan Menggunakan Command Prompt

Temen-temen dapat menggunakan syssteminfo.exe yang merupakan suatu perintah CMD yang dapat memungkinkan temen-temen untuk mendapatkan banyak informasi mengenai spesifikasi laptop atau komputer temen-temen. Dengan mennggunakan command prompt temen-temen juga akan mengetahui kapan OS (sistem operasi) dipasang di laptop atau komputer temen-temen.

Berikut merupakan langkah-langkahnya :

  1. Buka Start kemudian ketika command prompt di kotak pencarian
command prompt
  1. Klik kanan kemudian Run as administrator atau klik kiri
  2. Kemudian ketikan “systeminfo” pada laman yang muncul
  3. Dan yang terakhir klik tombol enter pada kyboard

 

Menggunakan System Information

System information bukan merupakan fitur yang baru di windows, akan tetapi masih salah satu cara yang paling mudah dan terbaik untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi lengkap dari laptop atau komputer temen-temen.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan system information :

  1. Buka start menu
  2. Ketik pada pencarian “msinfo32” atau “system information”
  3. Kemudian tekan tombol enter

Hardwere apapun yang terdapat di dalam laptop atau komputer temen-temen, kemungkinan besar akan dapat diketahui oleh temen-temen di system information. Pada saat temen-temen membuka system information, temen-temen akan memperoleh ringkasan sistem, yang berisikan informasi seperti model sistem, jenis sistem, prosessor, informasi BIOS dan tanggal pembaruan firmware terakhir hingga ukuran memori yang terpasang di laptop atau komputer temen-temen.

Namun sayangnya ringkaan informasi kartu grafis tidak tersedia, akan tetapi jika temen-temen sangat ingin mengetahuinya, maka temen-temen dapat dengan cepat mengetahui informasi dengan melakukan expand pada components selanjutnya klik “view”.

Tips Tambahan : cara untuk memperoleh informasi spesifikasi secara lengkap

Salah satu fitur menarik dari system information yang terdapat di laptop atau komputer temen-temen adalah kemampuan untuk menghasilkan laporan lengkap tentang informasi spesifikasi laptop atau komputer temen-temen.

Ini sangat membantu jika temen-temen mengalami kegagalan pada perangkat keras (hardwere failure) dan laptop atau komputer tidak mau boot, jika temen-temen telah melaksanakan laporan lengkap dan menyimpan di OneDrive, itu akan tetap dapat diakses. Oleh karenanya temen-temen mengetahui apa yang ada di dalam komputer atau laptop temen-temen, bahkan apabila komputer atau laptop temen-temen tidak dapat memberi tahu temen-temen lagi.

Untuk membuat generate laporan sistem informasi spesifikasi laptop atau komputer dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Buka system information
  2. Selanjutnya pilih informasi spesifikasi yang temen-temen butuhkan. Sebagai contohnya apabila temen-temen memilih system summary, maka temen-temen akan memperoleh informasi dengan detail mengenai summary laptop atau komputer temen-temen. Tetapi apabila temen-temen hanya membutuhkan informasi mengenai kartu grafis saja, maka temen-temen bisa memilih display
  3. Selanjutnya klik file
  4. Kemudian klik export
  5. Browse tempat penyimpanan file tersebut
  6. Berikan nama pada file laporan dan klik save

 

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

aplikasi CPU-Z

Selain bisa menggunakan fitur bawaan dari windows, temen-temen juga bia menggunakan software-software yang telah disediakan oleh pikah ke-3 seperti CPU-Z. CPU-Z ini merupakan software yang mampu memberikan tampilan informasi spesifikasi yang cukup lengkap dengan proses install yang cukup sederhana dan mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Sebelum temen-temen menginstall CPU-Z ini, temen-temen bisa mengundihnya di situs “www.cpuid.com
  2. Setelah proses instal selesai dan sukses dilakukan, temen-temen bisa membuka software ini dan melihat secara detail informasi spesifikasi dari laptop atau komputer temen-temen
  3. Pada kolom CPU memberikan informasi mengenai CPU mulai dari nama prosessor sampai core speed laptop atau komputer temen-temen
  4. Apabila temen-temen ingin mengetahui informasi mengenai mainboard, temen-temen dapat membukanya di kolom mainboard yang tersedia di CPU-Z
  5. Pada kolom type memory, temen-temen dapat mengetahui informasi mengenai tipe dari memory yang terpasang di laptop atau komputer temen-temen. Sedangkan pada kolom tab SPD, temen-temen akan mengetahui informasi lengkap mengenai RAM.

 

Menggunakan Aplikasi Speccy

aplikasi speccy
Selain menggunakan aplikasi CPU-Z temen-temen juga bisa menggunakan aplikasi speccy. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Unduh terlebih dahulu aplikasinya dari web berikut “www.ccleaner.com/speccy”, selanjutnya instal pada laptop atau komputer temen-temen yang akan diperiksa spesifikasinya
  2. Setelah proses instal selesai dan sukses, buka aplikasinya dan temen-temen sudah dapat mengetahui secara rinci informasi mengenai spesifikasi laptop atau komputer temen-temen.

Nah, itu merupakan beberapa cara melihat spesifikasi laptop atau komputer. Semoga artikel ini bisa menanmbah pengetahuan kamu. Terimakasih.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *