Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Cara SUKSES Membangun Bisnis Online

3 min read

kunci sukses bisnis online

Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, pernahkah terbesit oleh teman-teman untuk membuka suatu bisnis yang memang benar-benar dimulai dari nol? Ataukah temen-temen merupakan seorang yang masih ragu dan bimbang akan memulai atau membangun jenis bisnis seperti apa yang mungkin akan berkembang dan minim kerugian?

Tidak perlu khawatir teman-teman, sebab semua orang tentunya mempunyai masalahnya masing-masing. Ada begitu banyak sekali peluang untuk membuka suatu usaha yang bisa temen-temen kembangkan. Temen-temen bisa membangun bisnis baik secara online maupun offline. Namun , apabila temen-temen mempunyai modal yang minim, maka temen-temen bisa mencoba bisnis online.

Mengapa? Sebab untuk memulai bisnis secara offline, tentunya teman-teman harus memperoleh sebuah lokasi sebagai tempat anda untuk menjalankan bisnis anda, iya kan? Dan terlebih lagi apabila teman-teman tidak mempunyai tempat tentunya teman-teman harus menyewa tempat atau mencari alternatif lain.

Namun, apabila temen-temen membangun bisnis online maka sebuat toko atau tempat untuk menjalankan bisnis anda tidak terlalu diwajibkan, sebab temen-temen hanya perlu mencurahkan semua ide temen-temen tentang usaha yang akan dijalankan.

Dalam membangun bisnis online temen-temen juga harus mempunyai beberapa sikap mental diantaranya:

  1. Berani mengambil resiko
  2. Mempunyai mimpi yang besar, terukur, dan jelas
  3. Tidak mudah menyerah
  4. Bekerja keras
  5. Mau menerima ide-ide baru sebagai pembelajaran

Nah setelah temen-temen mempunyai 5 sikap mental seperti yang telah disebutkan, temen-temn harus tahu bagaimana cara-cara memulai bisnis online yang menguntungkan dan jangka panjang. Berikut beberapa cara sukses bisnis online yang dapat teman-teman terapkan.

Melakukan riset : mencari psar dan produk/jasa yang sesuai

Sebelum temen-temen memulai bisnis online, temen-temen harus melakukan reset terlebih dahulu apa yang akan temen-temen tawarkan, bisa berupa jasa, produk atau kedua-duanya. Langkah awal yang harus temen-temen lakukan  adalah pikirkan dengan matang apakah yang menjadi passion temen-temen dan berpotensi untuk menghasilkan uang.

Jika temen-temen masih bimbang, maka temen-temen perlu mencoba tips berikut:

  1. Pahami kemampuan, pengetahuan, dan passionyang temen-temen miliki, pikirkan apa yang bisa temen-temen manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan lebih baik daripada orang lain.
  2. Temen-temen perlu menjadi seorang problem solver, pada saat temen-temen mejumpai suatu masalah, pikirkan produk atau jasa yang dapat memecahkan masalah tersebut.
  3. Lihat keadaan sekitar temen-temen, dengan begitu temen-temen bisa menentukan produk atau jasa seperti apa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang.

Membangun blog atau website

Hal ini merupakan langkah awala yang paling mudah bagi seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Membangun sebuah blog atau website dengan topik tertentu serta memberikan manfaat bagi pengunjung merupakan sesuatu yang tidak begitu sulit. Temen-temen bisa membangun blog atau website untuk penunjang menjalankan bisnis online temen-temen. Beberapa langkah untuk membangun website atau blog adalah sebagai berikut:

  1. Mencari hosting yang terpercaya
  2. Daftarkan serta buat nama domain temen-temen
  3. Membuat konten
  4. Dan kemudian menguplod konten

Membuat toko online

Kemudian, temen-temen perlu menentukan sarana dalam proses bisnis online temen-temen tersebut. Dalam hal ini temen-temen semua perlu memastikan media yang digunakan temen-temen sebagai sarana sudah tepat dan menjangkau target calon pelanggan, misalnya:

  • Jika temen-temen mempunyai target anak muda, maka temen-temen harus menggunakan media sosial yang banyak digemari oleh anak muda seperti instagram, facebook dan twitter.
  • Jika temen-temen menginginkan target keluarga dan kelompok yang lebih luas, maka temen-temen harus menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shoppee dan lain sebagainnya.
  • Apabila modal yang dimiliki temen-temen terjangkau, maka temen-temen disarankan untuk menggunakan sarana yang sudah tersedia, misalnya:
    • Marketplace: tokopedia, bukalapak, shoppee dan lain sebagainya
    • Media Sosial: Facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya
    • Aplikasi social chat: BBM, WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain sebagainya

Selanjutnya ayo kita melihat dan mempraktekan bagaimana cama membuka toko di 2 marketplace besar yang ada di Inonedia yaitu Tokopedia dan BukaLapak. Untuk mengetahui cara membuatnya temen-temen perlu mengunjungi situs resmi Tokopedia dan Bukalapak dibawah ini ya J

Membuat rekening penjualan bisnis online temen-temen

Dalam menjalankan bisnis online temen-temen diwajibkan untuk mempunyai rekening sendiri yang digunakan dalam setiap transaksi bisnis online temen-temen. Semakin berfariasi fitur pembayaran yang temen-temen tawarkan maka semakin nyaman para pelanggan temen-temen untuk melakukan akses dengan bisnis temen-temen.

Optimalkan dan targetkan omset yang temen-temen inginkan

Temen-temen harus mempunyai target pendapatan, meskipun awalnya hanya akan berjumlah sedikit atau bahkan belum menghasilkan. Akan tetapi dalam hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan target pendapatan temen-temen, supaya temen-temen tetap mempunyai semangat dan mau berusaha lebih giat dalam mengoptimalkan bisnis online yang temen-temen kelolatersebut.

Apabila temen-temen tidak mempunyai target dan dasar maka bisnis online temen-temen akan mudah goyah dan pada akhirnya akan roboh. Apabila temen-temen mempunyai target, maka kejarlah target tersebut dengan perjuangan yang gigih.

Tips:

  1. Tingkat kesulitan ketika membangun sebuah bisnis online sebenarnya sangat tergantung pada pengoptimalan temen-temen dalam melakukan riset dan kuatnya dasar yang telah temen-temen bangun dari awal mendirikan bisnis online tersebut. Membangun dan mengembangkan bisnis online akan menjadi lebih mudah apabila temen-temen tidak melupakan hal yang penting dan esensial dalam mejalankan bisnis online tersebut.
  2. Menggunakan merode dan sistem bisnis yang sudah terbukti ampuh dan mudah untuk temen-temen terapkan dalam menjalankan bisnis online temen-temen.
  3. Pelayanan yang baik, hal ini merupakan tugas bagi temen-temen dalam meyediakan pelayanan yang sebaik mungkin supaya para pelanggan merasa nyaman dan tidak merasa terbebani.

Nah, ketika membaca uraian artikel tersebut tentunya temen-temen sudah memunyai gambaran bagaimana mengawali langkah membangun bisnis online ? Kini pertanyaan temen-temen yang ada dibenak sudah dijawab. Temen-temen tidak perlu ragu lagi untuk menjalankan bisnis online, karena hal ini sebenarnya mudah.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *