Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Bagaimana Cara Memilih Laptop Gaming yang Baik dan Berkualitas?

3 min read

laptop gaming murah
 

Teman-teman seorang gamer? Ingin membeli laptop gaming akan tetapi masih bingung mana laptop yang pas dan sesuai dengan dana? Nah, jangan hawatir nih temen-temen, karena di blog ini akan membahas beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan tentang bagaimana cara memilih laptop gaming berkualitas baik.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih laptop gaming?

Laptop gaming merupakan laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi serta mempunyai desain yang menarik perhatian. Laptop gaming mempunyai harga yang tidak murah dibandingkan dengan notebook atau ultrabook biasanya, karena laptop gaming mempunyai spesifikasi yang tinggi.

Supaya temen-temen tidak salah membeli laptop gaming, temen-temen harus membaca artikel ini yang mengulas bagaimana cara memilih laptop gaming yang baik dan berkualitas berikut ini.

Uang/Dana/Budget

Sebelum temen-temen membeli laptop gaming, temen-temen harus mempersiapkan dananya terlebih dahulu. Sebab untuk memperoleh laptop gaming berkualitas, temen-temen harus mengeluarkan dana minimal 10 juta. Pada umumnya laptop gaming dijual dengan harga 10 juta ke atas. Jika temen-temen belum mempunyai dana minimum 10 juta, maka temen-temen disarankan untuk menabung terlebih dahulu. Berikut beberapa contoh laptop gaming :

  • Asus  : Republic of Gamers
  • Dell  : Alienware
  • HP : Omen
  • Lenovo : Y Series
  • MSI : Gaming G Series
  • Acer : Predator
  • Xenom : Phoenix, Shiva, Pegasus, Siren, Hercules

 

Tipe Prosessor yang Digunakan

Ketika membeli laptop gaming, terkadang prosessor jarang diperhatikan. Namun, dalam hal ini temen-temen harus meninggalkan kebiasaan tidak memperdulikan prosessor yang terpasang di laptop. Sebab prosessor merupakan otak dari sebuah laptop. Semakin tinggi suatu prosessor, maka semakin tinggi pula performa dari laptop gaming tersebut. Pada saat ini laptop gaming biasanya sudah dilengkapi dengan prosessor tinggi, baik itu AMD ataupun Intel.

Apabila temen-temen merupakan salah satu pemain game berat dengan durasi yang panjang, maka disarankan memilih sebuah laptop yang memakai prosessor Intel. Sebab prosessor Intel lebih menghemat daya dan tidak terlalu cepat panas.

Pada saat ini, laptop yang dipasangi dengan prosessor Intel yakni Core i5 atau i7 generasi 7 atau yang lebih tinggi sudah bisa digunakan untuk menjalankan berbagai game berat dengan lancar dan mulus. Temen-temen harus memastikan memilih laptop dengan prosessor berlabel HQ atau MQ (contoh: i7-6700HQ) dan jangan pilih yang berlabel U karena jenis ini tidak diperuntukan untuk game melainkan diperuntukan untuk hal-hal yang ringan saja.

Temen-temen harus tau minimal prosessor Intel yang diperlukan dari laptop gaming yaitu Intel Core i5, kemudian yang direkomendasikan Intel Core i7.

Hal lainnya yang perlu temen-temen perhatikan yaitu kecepatan prosessor (GHz). Semakin tinggi jumlah GHz, maka semakin baik pula performa laptopnya.

 

Ukuran dan Resolusi Layar Laptop

laptop gaming terbaik

Pada umumnya laptop gaming mempunyai ukuran layar diatas 15.6 inci. Direkomendasikan temen-temen harus memilih laptop dengan layar 17.3 inci. Hal ini bertujuan agar pengguna lebih nyaman dalam bermain game dengan layar yang lebih lebar.

Bukan hanya itu saja, melainkan resolusi layar serta jenis layar yang dipakai wajib untuk temen-temen pertimbangkan. Resolusi minimal yang diperlukan untuk diunakan dalam laptop gameing adalah FHD 1920X1080.

Semakin tinggi resolusi layar dan semakin lebar layar tentu akan lebih maksimal dalam bermain game, hal ini jugu berkaitan dengan kualitas VGA yang digunakan.

 

Pengolah Grafis (VGA)

laptop gaming termurah

VGA (video graphic adapter/pengolah grafis/kartu grafis/graphic card) merupakan salah satu kompunen yang sangat penting untuk diperhatikan ketika memilih laptop gameing berkualitas.

Sebab VGA mempunyai pengaruh terhadap tampilan dan kualitas game ketika temen-temen mainkan. Karena game zaman sekarang mempunyai tampilan yang HD (wah). Berbeda dengan prosessor yang mempunyai tugas untuk menjalankan aplikasi, VGA mempunyai tugas untuk menangani grafis pada saat temen-temen bermain game.

Jadi, meskipun laptop yang temen-temen incar mempunyai prosessor dengan kecepatan yang tinggi, tentunya tidak akan berguna jika mempunyai VGA yang tidak cocok untuk game berat.

oleh sebab itu, temen-temen harus memilih laptop game dengan VGA minimum adalah Nvidia GT840. Dan direkomendasikan bagi temen-temen untuk memilih laptop gaming dengan pengolah grafis Nvdia GTX Series, misalnya GTX950, GTX960,GTX970,dan GTX980. Sedangkan untuk VGA buatan AMD direkomendasikan untuk menggunakan Radeon seri R7230 atau R9 ke atas.

 

RAM (Random Access Memory)

laptop gaming asus

RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting juga, perlu diperhatikan dalam memilih laptop gameing. Temen-temen harus memastikan bahwa laptop gaming yang temen-temen pilih harus mempunyai RAM diatas 4GB. Direkomendasikan untuk menggunakan RAM paling tidak 8GB agar bisa berjalan dengan baik.

Nah disamping itu, temen-temen juga harus memastikan bahwa laptop gaming yang temen-temen pilih menyediakan slot RAM tambahan, hal ini bertujuan untuk mempermudahkan temen-temen ketika melakukan upgarde RAM.

Untuk jenis ram yang digunakan direkomendasikan DDR4. Dan untuk game-game yang berat dengan grafik HD disarankan seperti MAD MAX, Watch Dog, GTAV, dan lain-lain.

 

Memory (Media Menyimpanan)

Memory mempunyai tugas untuk menyimpan game atau pun proses yang berasal dari game tersebut. Selain itu, memory berperan penting dalam memacu supaya game yang sedang dimainkan bisa berjalan dengan mulus dan lancar.

Pada dasarnya terdapat 2 media penyimpanan pada suatu laptop, yaitu HDD dan SSD. Untuk sebuah laptop gaming disarankan temen-temen memilih laptop gaming yang menggunakan HDD minimal 1TB (1000GB). Karena game pada saat ini akan memerlukan banyak ruang penyimpanan setelah diinstall.

Perlu temen-temen ketahui, apabila temen-temen membeli sebuah laptop gaming yang mempunyai SSD, ingat jangan pernah install game ke dalamnya. Karena SSD mempunyai kapasitas terbatas, gunakan SSD hanya untuk menyimpan sistem operasi saja.

Namun lain halnya ketika SSD laptop gaming temen-temen mempunyai kapasitas besar (500GB++), maka temen-temen bisa menaruh game didalamnya.

 

Daya Tahan Baterai Laptop

baterai laptop

Bermain game tentunya bisa membuat konsumsi baterai laptop temen-temen semakin meningkat. Nah untuk daya tahan baterai pada laptop gameing justru jarang diperhatikan dan menjadi masalah bagi banyak pengguna.

Sebab laptop gaming yang berkualitas dan menggunakan spesifikasi tinggi dan kinerja yang cukup tinggi, kebanyakan baterainya tidak bisa sampai bertahan lebih dari 2 jam.

Meskipun temen-temen memilih laptop gaming dengan kapasitas baterai besar, tetap saja temen-temen akan merasa daya baterainya cepat habis saat menggunakannya sambil bermain game.

Pada dasarnya beterai dibedakan menadi 2 yaitu yang dapat dilepas dan yang tidak dapat dilepas. Disarankan untuk temen-temen ketika memilih laptop gaming yang beterainya bisa dicabut sehingga dapat mempermudah temen-temen ketika ingin menggantinya saat rusak.

Tips : Temen-temen jangan menggunakan laptop tanpa baterai dengan kondisi di charger, sebab hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat terutama ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Temen-temen juga jangan mencabut beterai saat sedang dipakai, karena dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard.

 

Tempat Service

tips memilih laptop gaming
 

Hal ini berfungsi apabila suatu hari nanti laptop gaming temen-temen terdapat masalah, maka temen-temen langsung bisa membawanya ke tempat yang resmi dan profesional. Temen-temen juga harus memastikan merek laptop yang temen-temen beli memiliki service center dekat dengan daerah temen-temen. Temen-temen juga bisa mengklaim garansinya apabila masih berlaku.

Itulah beberapa cara untuk memilih laptop gaming yang baik dan berkualitas.

 
Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *