Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Cara Membuat Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya

2 min read

Instagram – Sebelum memasuki untuk membahas tentang bagaimana cara membuat Instagram bisnis, terlebih dahulu kamu harus mengetahui dan juga memahami bagaimana Instagram bisnis dapat membantu kamu untuk meningkatkan penjualan produk dari bisnis yang kamu jalani.

Fitur content insight yang dapat memudahkan kamu untuk memonitor berbagai aktivitas dan juga keterlibatan orang dengan postingan yang kamu buat. Dengan begitu kamu dapat melihat postingan mana yang bisa menjangkau banyak pemirsa dan dapat mengetahui alasan di balik suksesnya postingan tersebut.

Fitur audience insight fitur ini berguna supaya kamu dapat melihat demografi orang yang melihat setiap postingan yang kamu buat entah itu postingan feed atau story. Audience insight dapat membuat kamu mengetahui persebaran usia, jenis kelamin, dan juga lokasi dari setiap orang yang melihat postingan kamu. Dengan begitu kamu dapat menentukan waktu yang paling tepat untuk mengunggah setiap konten dan merencanakan konten yang mampu menarik perhatian.

Fitur activity insight yang dapat membuat kamu mengetahui berapa jumlah action yang dilakukan oleh setiap orang terhadap tautan yang kamu sertakan pada setiap postingan kamu. Seperti jumlah klik tombol untuk melihat profil, klik email, klik panggilan, dan juga klik maps, semua hal tersebut akan ditampilkan datanya. Sehingga kamu dapat menganalisa seberapa banyak pemirsa yang dijangkau dan kamu bisa membuat keputusan dengan tepat untuk membuat konten kamu dapat menjangkau banyak orang.

Baca Juga: Berbagai Tips Jitu Cara Dongkrak Citra Website

 

CARA MEMBUAT INSTAGRAM BISNIS

Dengan beberapa fitur yang akan memudahkan kamu dalam mengontrol perkembangan bisnis yang kamu kelola, kini saatnya untuk beralih ke bagaimana cara membuat Instagram bisnis. sebetulnya langkah-langkah yang harus ditempuh sangat mudah dan sederhana. Terlebih apabila kamu sudah mempunyai akun Instagram sebelumnya. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

  1. Download aplikasi Instagram (di App Store apabila kamu menggunakan iOS, di Google Play Store apabila kamu menggunakan Android, dan di Windows Phone Store apabila kamu menggunakan device Windows). Setelah aplikasi Instagram sudah terinstall di handphone kamu, kemudian kamu buka aplikasinya.
  2. Pilih Sign Up, kemudian masukkan alamat email kamu, dan klik Next . kamu juga dapat login dengan menggunakan akun Facebook kamu.
  3. Setelah kamu masuk ke dalam akun Instagram, pilih Pengaturan, dan selanjutnya scroll ke bawah sampai kamu menemukan Beralih ke Akun Bisnis.
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
  1. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah, kamu hanya perlu klik lanjutkan
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
  1. Selanjutnya kamu harus memilih kategori bisnis kamu
Cara Sederhana Membuat Akun Instagram Bisnis dan Mengoptimasinya
  1. Setelah memilih kategori bisnis kamu, selanjutnya kamu masukan alamat email bisnis kamu dan nomor telpon bisnis kamu
  1.   Selanjutnya kamu akan memilih akan menautkan instagram bisnis dengan Facebook atau tidak. Ketika kamu memilih untuk tidak menautkan dengan Facebook, maka proses pembuatan akun Instagram bisnis selesai Apabila kamu ingin menautkannya dengan Facebook maka kamu harus mempunyai halaman atau Fanspage terlebih dahulu.
  1. Jika akan menautkannya dengan Facebook maka kamu login ke Facebook terlebih dahulu
  1. Kemudian yang terakhir pilihlah Fanspage yang sudah kamu buat.

Cukup mudah kan? Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis kamu. Berikut merupakan cara mengoptimasi akun Instagram bisnis.

 

CARA MENGOPTIMASI INSTAGRAM BISNIS

Username dan Bio Kamu

Supaya akun Instagram bisnis kamu mudah untuk ditemukan, maka username Instagram bisnis kamu sebaiknya sama dengan username kamu di profile sosial media bisnis kamu yang lainnya.

Disamping username, informasi yang tercantum di profile publik kamu adalah situs website bisnis kamu (kolom untuk URL, yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan campaign atau konten baru yang ada di situs website bisnis kamu) dan berikan bio pendek namun menggambarkan bisnis kamu.

Gunakanlah bio kamu untuk menjelaskan apa bisnis kamu dan apa yang dapat orang-orang harapkan dari akun Instagram bisnis kamu. Kamu juga dapat memasukkan beberapa branded hashtags yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Apa sih itu branded hastags? Branded hashtags merupakan sebuah hashtag yang dapat kamu gunakan untuk berbagai aktivitas seperti promosi, product launching, kontes atau quiz, dan juga events. Dengan menggunakan branded hastags, orang-orang hanya perlu untuk mencari dan mengikuti hashtag tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi tentang bisnis kamu.

Salah satu contoh brand yang sukses dalam menggunakan branded hashtags adalah South by Southwest. Sejak tahun 2007, seluruh pengguna Twitter dapat mengetik #SXSW pada kotak pencarian Twitter. Mereka juga dapat langsung melihat dan juga mengetahui apa saja yang orang-orang tweet tentang acara tersebut.

Foto Profil Akun Instagram Bisnis

Profile photo Instagram bisnis pada umumnya berupa suatu logo perusahaan. Sama halnya seperti username, menggunakan foto profil yang sama di semua profil sosial media bisnis kamu akan membantu setiap orang untuk dapat mengenali brand kamu.

Perlu kamu ingat bahwa foto profil Instagram kamu mempunyai format lingkaran, sehingga pastikanlah terlebih dahulu bahwa foto logo bisnis kamu terlihat baik dalam format tersebut. Instagram menyarankan ukuran foto yang tepat mempunyai diameter 110 pixel.

Ikuti Akun Instagram Lainnya

Untuk memulainya, kamu sebaiknya mengikuti atau memfollow akun Instagram lainnya terlebih dahulu. Kamu dapat mengikuti akun Instagram bisnis lain yang mempunyai kaitan dengan bisnis kamu. Kamu juga dapat memfollow akun lain yang relevan dengan bisnis kamu.

Kelola Kehadiran Instagram Bisnis Kamu

Untuk mempunyai akun Instagram bisnis yang berhasil, kamu harus dapat mempertahankan kehadiran Instagram bisnis kamu. Untuk melakukan hal tersebut, kamu harus aktif di Instagram. Misalnya seperti posting foto atau video setiap beberapa waktu, minimal satu kali dalam sehari.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *