Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Berbagai Tips Jitu Cara Dongkrak Citra Website

2 min read

Cara dongkrak citra website

Reputasi suatu bisnis juga bisa dengan mudah meningkat melalui dunia maya atau online. Salah satunta dengan menggunakan suatu situs atau website. Supaya website mempunyai reputasi yang baik, diperlukan sajian mengenai informasi yang mendetail dan jelas.

Tentu saja tidakh hanya informasi mengenai visi dan misi dari bisnis yang dibangun, tetapi juga perlu memperhatikan isi dari konten yang dipublikasikan melalui media online.

Supaya website yang teman-teman kelola memperoleh jumlah pengunjung atau traffic yang banyak, maka perlu memperhatikan struktur konten dan isinya dengan seksama.

Sama seperti yang dikutip dari Cermati.com, berikut merupakan beberapa cara dongkrak citra website. Mari kita simak ulasannya.

Pilihlah template yang menarik

Mempublikasikan konten yang menarik saja tidakhlah cukup. Tetapi teman-teman harus menggunakan template yang menarik untuk meningkatkan minat baca dari pengunjung. Gunakanlah warna-warna dengan tampilan yang lembut, seperti abu-abu atau cream.

Hindari penggunaan template dengan warna yang terlalu menyala dan mencolok, seperti kuning, merah, atau hijau muda agar tidak menyilaukan mata.

Tulislah informasi secara padat, ringkas, dan jelas

Hindarilah penyampaian informasi secara bertele-tele pada suatu informasi yang sama. Sebaliknya, berikanlah nformasi yang ringkas, padat, dan jelas untuk memudahkan pengunjung menemukan dan memahami inti dari informasi yang disampaikan.

Informasi yang berbentuk tulisan sebaiknya disertai dengan konten visual yang menarik. Tambahkan suatu gambar atau video yang sesuai dengan isi konten, sekiranya bisa mewakili isi konten yang teman-teman terbitkan di website.

Baca Juga: Cara Mengoptimasi Website untuk Google Mobile First Index

Buatlah navigasi yang mudah diakses

Adanya suatu navigasi dapat memudahkan pengunjung dalam mengakses semua informasi yang teman-teman sampaikan di dalam suatu website. Pilihlah fitur yang diperlukan oelh pengunjung, seperti home, informasi kontak, peluang karier, tentang kami, kategori konten, dan lain sebagainya.

Susunlah fitur-fitur tersebut dalam format yang rapi. bila perlu, tempatkanlah semua fitur di bagian paling atas supaya mudah dijangkau oleh pengunjung website.

Gunakanlah backlink yang sesuai

Konten yang sudah diterbitkan jauh-jauh hari sebelumnya bisa disampaikan kembali dengan cara menyematkan backlink pada suatu konten baru yang akan diterbitkan. Tetapi isi dari backlink harus mempunyai kaitan dengan konten yang baru supaya informasinya menjadi lebih komplitnya.

Selain backlink pada website sendiri, backlink juga dapat disematkan pada website orang lain. Pilihlah website yang mempunyai reputasi bagus untuk menambah jumlah pengunjung di situs teman-teman.

Tampilkanlah menu FAQ

Meskipun informasi yang terdapat di website teman-teman sudah sangat mendetail, ada saja pengunjung yang belum paham mengenai isi yang terkandung pada konten yang teman-teman sampaikan pada website teman-teman. Tugas teman-teman yaitu mengumpulkan daftar pertanyaan pengunjung, lalu menggabungkannya menjadi satu dengan menggunakan menu FAQ (Frequently Asked Question).

Jawablah semua pertanyaan di menu FAQ. Apabila pengunjung mempunyai pertanyaan yang sama, setidaknya FAQ bisa membantu pengunjung untuk menjawab pertanyaannya sendiri. Dengan demikian, mereka tidak perlu menghubungi teman-teman selaku pemilik website untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Manfaatkanlah sosial media

Popularitas sosial media yang pada saat ini mampu mendobrak pemasaran secara online, khususnya website. Manfaatkanlah media sosial untuk meningkatkan jumlah pengunjung dari website yang teman-teman kelola, misalnya saja Instagram dan Facebook.

Memanfaatkan sosial media harus dilakukan secara bijak. Dalam hal ini berarti tidak spamming untuk menghindari adanya pemblokiran dari perusahaan pengelola media sosial yang bersangkutan.

Melakukan peluncuran website berbasis mobile

Apabila pengunjung website teman-teman sudah banyak, misalnya mencapai jutaan, alangkah lebih baiknya jika teman-teman mulai memikirkan peluncuran website dengan basis mobile. Alhasil, jangkauan untuk informasi yang disampaikan akan menjadi lebih luas dan mudah dijangkau oleh pengunjung.

Situs dengan versi mobile bisa dirancang melalui sebuah aplikasi dengan basis android maupun iOS. Perancangan aplikasi ini sebaiknya jangan menghabiskan memori penyimpanan yang begitu besar supaya tidak memberatkan kinerja sebuah smartphone.

Pantaulah perkembangan website

Yang terakhir adalah memantau perkembangan website yang teman-teman kelola. Pemantauan yang sangat mudah adalah dengan mengamati jumlah pengunjung secara berkala.apabila jumlah pengunjung statis atau tetap, berarti ada sesuatu yang perlu teman-teman perbaiki supaya traffic terus meningkat dari waktu ke waktu.

Apabila teman-teman tidak mempunyai waktu untuk memantau website, sebaiknya teman-teman menyewa jasa admin yang paham dengan mekanisme pengembangan suatu website. Dengan demikian website teman-teman akan terus tumbuh lebih baik lagi.

Supaya reputasi website yang diperkenalkan tetap baik, maka buatlah konten yang bisa bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan para pengunjung. Di balik itu, pilihlah penyedia website yang sudah terpercaya dalam hal pengelolaannya supaya website teman-teman memperoleh respon positif dari para pengunjung.

Nah, itu merupakan beberapa cara dongkrak citra website, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *