Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Bisnis Untuk Mahasiswa di Bulan Ramadhan

2 min read

Bulan Ramadhan (masjid)

Bisnis Untuk Mahasiswa – Bulan puasa adalah bulan dengan kenikmatan yang luar biasa yang dianugrahkan Allah SWT kepada kita manusia, bulan penuh berkah bagi kita semua.

Dari sekian banyak keberkahan, ada beberapa yang dapat dirasakan oleh seorang mahasiswa khususnya bagi mahasiswa yang merantau jauh dari kampung halaman.

Karena alasan untuk berhemat, terkadang ada beberapa mahasiswa yang rela tidak pulang kampung pada saat puasa dan juga lebaran.

Daripada bosan dan tidak melakukan apapun setelah kuliah selasai, lebih baik manfaatkan waktu yang ada untuk menggapai amal sekaligus rezeki yang berlimpah di bulan yang penuh berkah ini.

Kamu akan memperoleh pahala karena apa yang kamu lakukan dapat mendatangkan manfaat bagi orang lain dan juga keuntungan berupa materi dari usaha yang telah kamu lakukan.

Apabila kamu bingung mau melakukan apa. Kamu dapat untuk memulai bisnis sampingan berikut di Bulan Ramadhan.

Ada banyak ide bisnis yang dapat kamu coba dan tidak selalu berhubungan dengan makanan.

Manfaatkanlah keahlian yang kamu miliki untuk memanen rezeki di bulan yang penuh dengan keberkahan ini.

Dengan melakukan berbagai hal positif seperti berbisnis, kerinduanmu pada suasana Bulan Ramadhan di kampung halaman akan sedikit teralihkan.

Kamu juga tidak usah khawatir terkena “kanker” atau kantong kering pada saat lebaran.

Nah, berikut ini merupakan beberapa ide bisnis di Bulan Ramadhan yang dapat kamu lakukan.

 

Catering Sahur

apabila kamu ahli dalam memasak, kamu harus memanfaatkan keahlian yang kamu miliki tersebut. Apalagi jika kamu tinggal di lingkungan yang terdapat banyak penghuni kosnya.

Masalah utama yang dihadapi anak kos pada saat Bulan Ramadhan biasanya adalah malas untuk keluar mencari makanan sahur.

Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menyediakan jasa catering makanan sahur yang dapat langsung dikirimkan ke tempat konsumen.

Dengan begitu, anak-anak kos atau yang lainnya tidak perlu repot-repot mencari menu untuk sahur.

Jangan lupa untuk memberi harga yang sesuai dengan anak kos, jadi calon kinsmen yang rata-rata anak kos akan lebih tertarik dan usaha yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar karena mempunyai pelanggan tetap.

 

Memanfaatkan Online Shop

Media sosial mempunyai banyak sekali manfaat selain untuk ngeksis dan memperoleh berbagai informasi terkini, kamu juga dapat memanen rezeki dari media sosial.

Kamu pasti tahu kan tentang online shop. Jadi pembeli tidak usah datang jauh-jauh ke toko untuk melakukan suatu transaksi.

Tinggal melakukan pembayaran dengan melalui transfer, barang yang dibeli akan segera dikirim dengan batuan dari kurir.

Kamu dapat membuat online shop atau took online dan menjual berbagai macam barang yang ada hubungannya dengan Bulan Ramadhan. Misalnya seperti baju lebaran sampai dengan perlengkapan untuk ibadah.

 

Jualan Takjil

Salah satunya yang pastinya sudah kamu temui di pinggir-pinggir jalan pada saat bulan puasa adalah takjil.

Takjil sebetulnya adalah istilah yang digunakan untuk menyegarakan berbuka puasa. Orang-orang yang berada di Arab melakukan takjil biasanya dengan makan kurma terlebih dahulu.

Namun di Indonesia, kata tersebut mengalami suatu pergeseran makna menjadi menu santapan ringan pada saat berbuka puasa.

Ada begitu banyak menu takjil yang sudah menjadi favorit.

Misalnya saja seperti es buah, kue, sampai dengan kolak yang manis dan menggiurkan.

 

Jualan Parcel

Kamu yang mempunyai kreatifitas tinggi dapat memanfaatkan peluang untuk berjualan parcel lebaran.

Buatlah dengan menggunakan suatu konsep yang unik dan tentunya dengan harga yang sesuai atau terjangkau.

Dijamin usaha kamu dalam  berjualan parcel akan laris manis dan akan mendapatkan untung banyak. Kamu juga dapat bermain atau berkreasi di isi parcel.

Pada saat ini tidak hanya makanan kering yang dibungkus dengan keren dan rapi saja, tapi juga berbagai barang seperti gelas, piring dan lain sebagainya.

 

Berjualan Kue Lebaran

Setelah satu bulan penuh kamu berpuasa, momen yang sangat ditunggu-tunguu adalah hari lebaran. Karena di hari tersebut kemenangan dari hawa nafsu dirayakan.

Pada saat merayakan Idul Fitri, umat muslim dianjurkan untuk saling memaafkan satu dengan yang lainnya.

Pertemuan keluarga besar menjadi suatu agenda wajib yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Untuk menjamu tamu yang dating ke rumah, biasanya di setiap rumah akan disediakan berbagi jenis kue kering.

Hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis menjanjikan di Bulan  Ramadhan.

Karena untuk menyambut hari lebaran, permintaan akan kue kering akan meningkat dengan pesatnya.

Kamu dapat membuka jasa pembuatan kue kering lebaran, misalnya seperti kue nastar dan lain sebagainya kemudian menjualnya.

Kamu dapat menitipkan kue yang kamu jual di toko-toko atau menjualnya secara mandiri dengan bantuan kurir.

Itulah beberapa usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa pada saat Bulan Ramadhan. Apabila dapat melakukan suatu usaha sambil beramal kenapa tidak ?

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *