Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Bagaimana Mengoptimasi Konten dan Halaman Website Untuk SEO?

5 min read

mengoptimasi konten dan website untuk seo

On page SEO atau bisa disebut dengan Serch Engine Optimzation (SEO) dalam laman (On Page). On Page SEO merupakan seluruh faktor yang dapat mempengaruhi teroptimasi atau tidaknya website atau situs web teman-teman terhadap mesin pencari, yang dilihat dari dalam website itu sendiri. Ini berarti teman-teman akan melakukan optimasi di dalam website teman-teman sendiri.

Optimasi On Page SEO mempunyai tujuan supaya mesin pencari dapat mengetahui apakah website teman-teman memang sudah relevan atau sesuai dengan apa yang dicari oleh user dan benar-benar mempunyai kualitas yang paling baik. Dalam tujuannya ini,  optimasi On Page SEO mempunyai 2 aspek yaitu mesin pencari dan pengguna.

Optimasi On Page SEO Untuk Mesin Pencari

Dalam proses ini, teman-teman wajib melakukan optimasi website yang diperuntukan untuk mesin pencari. Teman-teman harus membenah website teman-teman sebaik mungkin. Tambahkan beberapa plugin SEO, hapus plugins yang tidak begitu diperlukan, Xml sitemaps, desain yang bersahabat  dengan meisn pencari, optimasi kecepatan situs dan lain sebagainya.

Baca Juga: Panduan Belajar SEO Untuk Pemula Sampai Mahir

 

Optimasi On Page SEO Untuk Pengguna atau Pengunjung

Penting teman-teman dapat memahami siapa pengunjung atau pengguna website teman-teman. Apa tujuan dari website teman-teman. Apabila teman-teman merupakan seorang bloger, maka harus bisa memastikan pembaca website teman-teman merasa senang apabila mengunjungi dan membaca website teman-teman. Buatlah konten yang menarik dan panjang namun tetap memperhatikan topik yang sedang dibahas. Ini akan membuat pengunjung atau pembaca situs mu akan betah berlama-lama di website teman-teman.

Oleh sebab itu kuncinya ada 2 hal yaitu relevan dan kualitas. Apabila teman-teman tidak memenuhi keduanya, jangan berharap website teman-teman bisa memperoleng rank 1 di mesin pencari.

Nah, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas pada bagian-bagian mana saja dalam website, yang harus mengaplikasikan optimasi on pege dan bagaimana cara mengoptimasinya.

 

Bagaimana Sih Konsep On Page SEO?

Dalam melakukan SEO, konsep optimasi On Page SEO merupakan suatu yang sangat PENTING dan harus teman-teman pahami. Perlu teman-teman ingat tanpa mengaplikasikan optimasi On Page SEO maka akan sia-sia teman-teman melakukan strategi lainnya.

Sebenarnya inti dari On Page SEO sangatlah sederhana..

Teman-teman akan mengoptimasi website teman-teman agar:

  1. Serch engine mengerti bagaimana struktur website teman-teman
  2. Pengunjung merasa betah ketika mengunjungi website teman-teman
  3. Mempermudah pengunjung dalam eksplorasi
  4. Mempunyai manfaat yang tinggi untuk pengunjung

Nah teman-teman pasti bertanya-tanya..

“saya ini akan mengoptimasi untuk serch engine, tapi mengapa malah fokus ke pengunjung?”

Jawabannya begini teman-teman..

Mesin pencari atau serch engine ini dapat mengetahui apakah pengunjung merasa puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.

Ilustrasinya begini teman-teman, apabila teman-teman mencari sesuatu di mesin pencarian misalkan google, kemudian teman-teman masuk ke salah satu website. Ternyata website yang teman-teman kunjungi isinya tidak memuaskan teman-teman. Kemunginan besar setelah sekian detik teman-teman akan meninggalkan website itu dan mencari website lain. Betul kan?

Tentunya google akan menampilkan website-website yang dapat memuaskan pengunjung, maka website teman-teman harus bisa memuaskan pengunjung.

Beginilah caranya :

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kepuasan penggunjung website. Dalam artikel ini akan kita pelajari satu persatu dari beberapa kategori berikut :

  1. Konten
  2. Kecepatan website
  3. Internal link
  4. Social sharing
  5. Outbound link
  6. Gambar
  7. URL
  8. Keyword
  9. Judul
  10. Meta description

 

Konten Berkualitas Terbaik

Kalau teman-teman amati dan perhatikan, knten merupakan komponen utama dalam suatu halaman website. Ini berarti, konten mempunyai peranan yang besar dalan optimasi On Page.

Website teman-teman tidak akan mungkin memperoleh peringkat 1 dalam halaman pencarian tanpa mempunyai konten yang berkualitas terbaik.

Mungkin temen-temen bertanya, “seperti apa si konten yang berkualitas tersebut?”

Konten yang berkualitas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Dapat menyelesaikan masalah pengunjung
  2. Dapat membangitkan suatu persaaan (terhibur, kagum, bahagia, dll)
  3. Dilihat dalam jangka waktu panjang oleng pengunjung
  4. Memberikan manfaat yang lebih masimal bagi pengunjung
  5. Lebih menonjol daripada konten lain yang serupa

Nah, itu merupakan 5 ciri-ciri konten yang berkualitas.

Apabila teman-teman ingin memperoleh peringkat 1 di halaman mesin pencari untuk durasi yang panjang, maka konten yang teman-teman miliki sebaiknya mempunyai ke-5 ciri tersebut.

Perlu teman-teman ketahui kalau Google secara tegas menyatakan bahwa menentang konten yang :

  1. Kurus atau tidak berbobot
  2. Copy paste, atau tidak original
  3. Membuat pembaca frustasi disebkan karena konten berkualitas rendah
  4. Tidak memberikan nilai plus untuk pengunjung

Apabila konten teman-teman termasuk ke dalam salah satu dari 4 kategori tersebut, maka akan sangat sulit mendapatkan peringkat tinggi di halaman mesin pencari.

Google dan mesin pencari lainnya secara berkala memperbaharui algoritmanya. Seiring dengan perkembangan zaman, mereka akan semakin memahami kualitas dari suatu konten.

Maka, teman-temen harus berhati-hati dalam membuat dan menerbitkan suatu konten bagi website teman-teman.

 

Kecepatan Website

Website yang mempunyai kecepatan yang lebih cepat akan memperoleh peringkat yang lebih baik.

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman pada MOZ, dijelaskan bahwa website yang berada di peringkat atas mempunyai waktu respon yang cepat.

TTFB (Time To First Byte ) ini dapat diartikan waktu yang diperlukan server website hingga user mendapat 1 byte pertama. dapat dikatakan waktu respon server.

Peningkatan suatu kecepatan ditujukan bukan hanya untuk mesin pencari atau serch engine saja. Akan tetapi juga ditujukan untuk pengunjung agar lebih nyaman berada dalam website yang waktu lodingnya cepat.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan website:

  1. Ukuran halaman yang besar dapat mengganggu kenyamanan pengunjung
  2. Banyaknya file .css dan .js di <head>
  3. Kualitas suatu hositing

Perlu teman-teman ingat: adanya suatu gambar dan video tidak akan mengurangi kecepatan suatu website, kecuali bial jumlahnya banyak dan tidak diperlukan.

Teman-teman bisa mengetes kecepatan website teman-teman di PageSpeedInsights. Disarankan segera melakukan perbaikan apabila skornya dibawah 75.

 

Internal Link

Teman-teman tau istilah bounce?

Perlu teman-teman ketahui bounce berarti ketika pengunjung mengunjungi website teman-teman, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.

Apabila bounce rate pada website teman-teman tinggi, bisa saja karena :

  1. Navigasi website teman-teman yang sulit
  2. Kualitas dari konten teman-teman yang mengecewakan

Nah, apabila situs web teman-teman mengecewakan pengunjung maka website teman-teman tidak akan bisa mendapatkan peringkat yang tinggi.

Dalam hal ini bounce rate dapat menunjukan kepuasan pengunjung. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan bounce rate ini adalah dengan melakukan pemasangan internal link (link antar halaman), agar pengunjung dapat dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website teman-teman.

 

Social Sharing

Pada saat ini Google memang tidak menganggap banyaknya share sebagai faktor yang menentukan peringkat di Google, akan tetapi bukan berarti sosial shareing tidak penting.

Sosial shareing ini penting karena mempunyai dampak tidak langsung terhadap peringkat website teman-teman. Berikut merupakan beberapa manfaat sosial sharing :

  1. Dapat menambah pengunjung
  2. Ada beberapa pengunjung yang akan memberikan back link
  3. Branding gratis, website teman-teman akan dikenal
  4. Faktor kepuasan tinggi (apabila website teman-teman bisa memuaskan pengunjung)

Apabila dibandingkan dengan SEO, sosial media akan membranding situs web teman-teman dengan lebih cepat.

Hal inilah yang dapat berpengaruh terhadap SEO. Ketika situs web teman-teman sudah dikenal, maka akan banyak orang yang mencari website teman-teman melalui google. Karena banyak orang yang mencari website teman-teman, maka reputasi situs web teman-teman akan dianggap baik oleh Google. Oleh karenanya, pasanglah tombol share pada situs web teman-teman.

 

Outbound link atau Referensi Berupa Link ke Website Lain

Aspek ini sangat penting terutama untuk situs web baru. Google, sebagai pusat dan penyedia informasi tentunya ingin menyediakan konten-konten yang dapat dipercaya. Supaya informasinya tidak membuat banyak orang bingung dan sesat. Hal ini lah yang menjadi penyebab situs web besar lebih mudah masuk halaman pertama, karena reputasinya sudah terbangun sejak lama.

Nah, dikarenakan situs web teman-teman masih baru, Google menganggap bahwa isinya masih belum bisa dipercaya. Karena belum bisa dipercaya, maka akan menyebabkan situs web teman-teman sulit medapatkan peringkat tertinggi. Dalam peran inilah outbound link dapat membantu. Cantumkanlah link ke situs web lain yang reputasinya lebih bagus dan relevan, maka akan membuat reputasi konten teman-teman jadi lebih baik.

 

Gambar

Teman-teman bisa membayangkan suatu halaman situs web yang 100% teks semua, tentunya akan sangat membosankan kan? Oleh karena itu, gambar atau video dapat menjadi nilai tambah bagi situs web teman-teman.

Namun anehnya, banyak orang yang menganggap gambar itu merugikan.. padahal hal tersebut tidak lah benar apabila gambar yang kita masukan sesuai dengan kebutuhan konten teman-teman dan tidak berlebihan. Atau gambar dan video yang teman-teman gunakan tidak bersesuaian dengan isi konten.

Ada beberapa tis buat teman-teman:

  1. Menggunakan gambar yang berhubungan dengan konten
  2. Gunakan gambar yang dapat menjelaskan ini konten
  3. Menambahkan atribut alt dalam meletakan gambar
  4. Mengkompres gambar agar maksimal
  5. Menggunakan tipe ekstensi yang tepat supaya ukuran file tidak bengkak

 

URL Singkat dan deskriptif

Meski pengaruhnya tidak begitu signifikan, akan tetpi URL yang mengandung keyword bisa mempengaruhi peringkat suatu situs web di hasil pencarian. Buatlah URL yang dapat mendeskripsikan isi konten teman-teman, lebih baik jika menggunakan keyword utama.

 

Keyword yang Trend dan Tepat Pada Sasaran

Coba teman-teman ingat kembali kpaan terakhir kali teman-teman menggunakan Google, teman-teman menulis berapa kata untuk dijadikan keywordnya?

Dalam hal ini apabila semakin relevan atau bersesuaian dengan keyword, maka akan semakin tinggi pula peringkatnya. Jadi, mengoptimasi suatu halaman, itu berarti mengoptimasi keyword. Setiap halaman situs web teman-teman harus dioptimalkan paling tidak untuk satu kata kunci.

Caranya bagaimana?

Caranya dengan teman-teman menyertakan keyword dalam halaman situs web teman-teman, yaitu di dalam konten, judul, dan URL. Dengan begitu mesin pencari dan pengunjung dapat langsung memahami apa isi dari halaman website teman-teman.

 

Judul yang Mengandung Klik

Cara yang paling mudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan meletakan keyword utama yang teman-teman pilih.

Misal untuk keywordnya “belajar SEO”, maka judul yang harus teman-teman ambil harus mengandung kata “belajar SEO”. Tapi hal tersebut belumlah cukup, yang paling penting dalam judul bukan optimasi keyword, melainkan optimasi terhadap ketertarikan masnusia.

Apabila yang dibuat oleh teman-teman bisa menarik banyak pengunjung, maka peringkat situs web teman-teman akan naik peringkatnya. Sebab judul merupakan suatu elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, oleh karena itu dengan mengoptimalkan judul jumlak klik akan bertambah.

 

Meta Deskripsi yang Mengandung Klik serta Deskriptif

Bagaimana Mengoptimasi Konten dan Halaman situs web Untuk SEO? Meta deskripsi merupakan 1-2 kalimat yang muncul dari hasil pencarian.

Meta deskripsi sebenarnya tidak mempengaruhi pemringkatan halamat teman-teman. Disamping itu, tidak selalu muncul pada hasil pencarian. Sebab Google pada saat ini lebih sering menggunakan kalimat yang ada di dalam konten sebagai deskripsi halaman.

Namun, tidak ada salahnya apabila bagian ini dioptimasikan. Dengan menggunakan meta deskripsi yang menarik perhatian, maka kemungkinan akan membuat orang lain mengunjungi situs web teman-teman semakin tinggi.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Ada banyak sekali mimpi yang ingin kami wujudkan. Salah satunya adalah membuat Blog yang bisa menjadi amal Jariah kami dan bermanfaat bagi orang banyak. Kami percaya ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *