Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Kelebihan dan Kekurangan Android Q

1 min read

kelebihan dan kekurangan android q

Andorid Q merupakan sebuah sistem operasi yang ada pada smartphone android yang kehadirannya sangat ditunggu oleh pencinta para smartphone. Berbeda dengan android P yang sudah memiliki banyak fitur, android Q juga menambahkan fitur yang ada sehingga kemungkinan akan mempermudah user dalam memenuhi kebutuhannya.

Sampai saat ini, baru beberapa smartphone yang bisa menikmati fitur perbaharuan ini, tetapi seiring berjalannya waktu semua smartphone android akan mendapatkannya. Perlu diketahui bahwa sistem operasi terbaru ini diperlukan banyak space dari storage sehingga anda harus mengosongkan dan menghapus beberapa file yang sudah tidak terpakai pada smartphone android anda.

Keunggulan fitur dari Android Q

Pada sistem operasi terbaru android ini menghadirkan fitur dark mode, dimana anda bisa mengatur tingkat kegelapan pada smartphone android anda. Pada android P juga sudah hadir, tetapi belum sempurna. Pada sistem terbaru android ini juga menggunakan elemen putih dan abu – abu gelap seperti notifikasi dan menu pada penggunaannya.

Untuk sebagian orang, fitur ini masih dirasa merugikan. Untuk itu, terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa menggunakan mode ini. Selain itu, fitur lainnya juga hadir di bagian notifikasi yang akan lebih mudah untuk mengabaikannya dengan swipe ke kanan. Jika dulu hanya bisa ke kanan saja, sekarang pada sistem terbaru ini anda bisa swipe ke kanan.

Fitur yang tak kalah penting adalah menghadirkan banyak opsi pada bagian notifikasi sehingga anda bisa memilih bentuk notifikasi pada setiap aplikasi yang ada. Untuk lebih terlihat berwarna, sistem android terbaru ini menghadirkan beberapa tema yang tentu saja tidak kalah menarik dengan yang sebelumnya. Tidak hanya tema, tetapi  juga warna background, jenis huruf, dan juga bentuk ikon.

Fitur screenshot juga hadir pada sistem ini dimana anda dapat menangkap tampilan di layar smartphone android dan menyimpannya dalam bentuk gambar. Tidak nyaman bagi anda yang memiliki smartphone dengan poni atau notch, karena ffitur terbaru ini benar – benar menyesuaikan bentuk dari smartphone anda.

Bagi anda yang butuh akses sistem lebih cepat, seperti mengaktifkan wifi. Anda bisa mendapatkannya sistem operasi terbaru android ini. Tidak hanya menyambungkan dan menikmati kecepatannya saja, tetapi anda juga bisa langsung membagikan nama dan password wifi kepada orang terdekat anda dengan menggunakan barcode. Cocok bagi anda yang suka berburu wifi dimana saja.

Dalam memutar musik, sistem terbaru android ini juga mendapatkan perhatian. Dimana akan nada tampilan lagu terakhir yang anda putar baik itu aplikasi bawaan smartphone atau aplikasi download, seperti spotify. Tampilan ini akan muncul setiap anda menyalakan smartphone dengan tampilan yang agak ngblur atau kabur. Lalu kontrol privasi lokasi juga bisa anda gunakan sepanjang hari.

Baca Juga: Android Pie Update

Kelemahan 

Karena sistem ini baru berstatus beta, tentu masih banyak bug yang hadir. Contohnya pada pemutaran video, akan terus menampilkan ikon pause, forward dan backward. mengingat sistem Android Q ini masih tahap uji coba, akan sangat mungkin bug akan hadir pada aplikasi dan model smartphone lainnya. Selain mengganggu juga akan merusak smartphone secara perlahan.

Selanjutnya, bagi yang sudah upgrade akan mendapatkan fitur kamera bawaan, yaitu Snapdragon Camera. Menurut sebagian orang, kamera ini masih jauh dari kata sempurna dibanding kamera bawaan dari smartphone itu sendiri. Khususnya di fitur zoom yang hasilnya kadang buruk dan juga agak blur dengan sendirinya, walaupun kualitasnya 1080p.

Kehadiran android Q tidak hanya memenuhi kebutuhan banyak pengguna android aktivitasnya. Tetapi juga sebagai pembuktian jika teknologi sudah berkembang pesat dibanding beberapa tahun lalu.

Digital Site Kami seorang Muslim dan seorang pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *